Hi TemenAip, kali ini mau sharing rekomendasi #kulinerbetawi , siapa tau ada yang mau coba di Jakarta⁣⁣ kan.

Kuliner Betawi itu beragam banget, mulai dari hidangan ayam, ikan , daging, aneka macam sayur , dan banyak lagi. Seperti halnya daerah lain di Indonesia, kuliner Betawi biasanya dihidangkan dengan nasi putih. Yang istimewa ada Nasi Uduk, yaitu nasi yang dimasak menggunakan santan sehingga rasanya lebih gurih dan sedap, walaupun dimakan tanpa lauk.


⁣⁣Nasi Uduk Ibu Amah di Pekojan⁣⁣


⁣⁣Nasi Uduk Ibu Amah di daerah Pekojan adalah salah satu Nasi Uduk Paling enak yang saya makan.
Nasi uduknya memang istimewah. Gurihnya pas, pulen, dengan tambahan tekstur bawang yang kriuk. nasinya wangi banget. ⁣⁣

Nasi Uduk Ibu Amah Ariefpokto.com


⁣⁣
Sambal Kacangnya pedes manja, agak encer, pakai daun Kemangi deh. ⁣⁣Rasanya pas sekali jadi padanan nasi udu yang gurih dan lezat itu.
⁣⁣

sambal Kacang Nasi Uduk Ibu Amah Ariefpokto.com


Ayam gorengnya teksturnya pas ,tidak alot, Bumbunya meresap sampai dalam daging. Diajak @travelingwithjuan & @turissendaljepit kesini waktu itu ga nyesel dah. Kalau mau makan disini mesti datang pagian atau telepon dulu kalau ga mau kehabisan. ⁣⁣

Kalau mau baca lebih lanjut silakan di


⁣⁣

Warung Mak Dower⁣⁣


⁣⁣
Kalau mau cari makanan otentik Betawi bisa kesini, Lokasinya ada jalan Pemuda Rawamangun. Ada Gabus Pucung, aneka masakan dengan nama unik, Empal Dower, Sayur Asem Demplon, Jengkol Nampol, dll. Bisa milih pedes atau nggaknya. Pengalaman makan yang seru. ⁣⁣

Gabus pucungnya enak, Saya suka bumbu dalam kuahnya yang mengandung keluwek seperti yang dipakai dalam rawon.
⁣⁣

Di warung ini Kita bisa makan dengan nuansa Betawi yang cukup medok, mulai dari tampilan warung yang meriah sampai dengan detail kecil seperti peralatan makan yang dipakai menggunakan piring jadul dari seng. Seru sih.

Sayur asamnya waktu itu bisa ambil sendiri begitu pula nasi, Kita tinggal menanti pesanan dalam piring-piring kecil yang disajikan.

Saya suka usus sapi gorengnya enak, disajikan panas dan ditaburi bawang goreng yang banyak. Sambalnya cukup pedas dan ditambah jeruk limo jadi ada asam segarnya.

Ayam Perawan Mat Lengket⁣⁣


⁣⁣
Berdiri sejak 1974 , Ayam Mat Lengket menjual nasi uduk dan ayam kampung goreng yg memakai ayam perawan. Karena masih muda, tidak alot dan aroma serta saripati ayamnya maksimal. ⁣⁣

Lokasinya ada di Jalan Raya Bekasi KM.17, RT.2/RW.2, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13250, deket Fly Over gitu tempatnya.
⁣⁣
Bumbunya meresap dan ayam digoreng tidak kering sehingga menimbulkan efek lengket. Makanya namanya Mat Lengket. Perawan – Lengket ⁣⁣
⁣⁣
Selain ayam, sambalnya juara. Tidak terlalu pedas tapi balancing antara asin, manis pedasnya bagus. Tapi disini antrinya juara juga. Kalau kemaleman bisa kehabisan. ⁣⁣
⁣⁣

Pecak Ikan Mas & Asinan Betawi⁣⁣ Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan⁣⁣



Waktu itu diajak Teh @Aniberta kesini, eh disuguhin makanan asli Betawi. Pecak Ikan Mas, ikannya digoreng agak kering lalu diberi bumbu pecak yang agak pedas.

Asinan Betawinya seger banget. Aneka sayur, tahu, diguyur bumbu kacang yang kaya rasa. ⁣Aneka masakannya otentik Betawi dan sedap rasanya.


⁣⁣
Kalau mau baca cerita pas di Perkampungan Betawi Setu Babakan bisa dilihat di

Soto Betawi Haji Husen Manggarai

Banyak Soto Betawi yang enak. Salah satunya adalah Soto Betawi Haji Husen di Jalan Padang Panjang Manggarai Jakarta

alaupun daging dan parunya terlebih dahulu digoreng, tapi pas disiram dengan kuah santan soto yang kental dan gurih jadinya perfect banget. Bagian luarnya masih renyah, tapi bagian dalamnya empuk banget. Seporsi nasi plus soto betawi dibanderol seharga Rp 37k. Isian per porsinya royal banget, tapi rasanya beuh enak sekali.

Warung Saco Betawi

Nah kalau ke Warung ini baru aja didatangi bulan lalu bersama teman-teman. Sebenarnya tujuannya adalah ke Warung Haji Bule, tapi karena sedang renovasi makanya pindah ke Warung Saco ini. Alamatnya berada di Jl. Saco 1 No.7, RT.1/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Nuansa tempatnya serba kayu dalam rumah khas Betawi. Pilihan menunya beragam, hanya saja Saya tertarik melihat Pecak Nila.

Masakan Pecak di sini rasanya cukup sedap, Ikan Nilanya digoreng garing lalu disiram bumbu Pecak yang berlimpah. Pedasnya terasa dan ada rasa asamnya jadi segar. Sumbernya dari Jeruk Limo yang diperas di atas Nila.

Teman Saya juga pesan Laksa yang cukup menarik perhatian, kuahnya kental , isian ya ada suwiran daging ayam, telur, toge, daun kemangi dan emping yang berlimpah.

Masih penasaran dengan menu lain di sana sih, mungkin bakal balik lagi deh.

Masih banyak tempat makan khas Betawi yang belum dikunjungi, mungkin #TemenAip punya rekomendasi juga? Atau punya makanan Betawi Favorit? ⁣⁣
⁣⁣

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.