Selama ini, selalu berusaha melawan perubahan iklim dengan berbagai cara. Kadang merasa sendirian berjuang, karena perubahan iklim yang semakin terasa dampaknya bagi seluruh dunia membuat Kita seakan berpacu dengan waktu. Sementara kesadaran banyak orang untuk melawanya masih belum sesuai harapan. Itulah kenapa kehadiran Kampung Berseri Astra Suntenjaya ini menjadi bukti konkrit bahwa satu wilayah bisa berdaya melawan perubahan iklim dengan cara yang sistematis dan serentak.  

Menyenangkan mendengar fakta bahwa ada lho Kampung yang penduduknya secara semangat bekerjasama mewujudkan jawaban dari berbagai permasalahan iklim, ekonomi yang melanda daerah mereka. Karena Bersama, mereka tidak mau tinggal diam terhantam gempuran perubahan iklim dan juga berbagai permasalahan yang menerpa mereka secara domestik.

Lansekap Suntenjaya Ariefpokto

Dalam kunjungan kali ini Saya bergabung dengan para blogger dan wartawan yang mengikuti Workshop Lingkungan Astra ke Kampung Berseri Astra Suntenjaya. Kunjungan kali ini terasa istimewa, karena akhirnya Saya bisa menemukan Kampung Proklim yang berhasil hidup dengan efisien. Desa Suntenjaya tenyata bisa mengembangkan program di bidang kelestarian lingkungan dalam mewujudkan kampung asri, sehat, dan tangguh.

Lokasinya yang berada di atas perbukitan di Maribaya membuat udara disini sangat segar sekaligus sejuk. Hujan sempat turun , tapi tidak menghalangi antusias kunjungan ini.

Memenuhi 4 Pilar KBA

Sebagai gambaran, Astra memiliki program Kampung Berseri Astra, yang merupakan program pengembangan masyarakat berbasiskan komunitas yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, di dalam satu lingkungan kampung.

Kampung Berseri Astra Suntenjaya memenuhi semuanya, dan sesuai sekali dengan program yang mereka jalankan. Sempat berjumpa dengan Bapak Gunawan Azhari, yang menjadi ketua dari Ecovillage KBA Suntenjaya, penggerak pelestari lingkungan di Desa Suntenjaya.

Bapak Gunawan Azhari – Ariefpokto

Beliau menjelaskan bahwa upaya mencapai kondisi seperti ini butuh waktu karena banyak tantangannya. Tapi karena bantuan Astra, jalan kesana menjadi lebih stabil, karena tidak hanya bantuan dana atau peralatan saja, tapi juga diberikan pendampingan. Beliau berbicara cukup semangat, terlihat dari raut wajahnya yang optimis saat bercerita.

Ada banyak prestasi yang berhasil ditorehkan. Ecovillage Sunten Jaya menjadikan Kampung percontohan Kampung Angling pada saat kegiatan Astra Hijau 2019. Dimana mereka bisa mandiri secara pangan dan juga secara energi.

Secara umum juga ada banyak perubahan baik dimana dahulu  adalah daerah IDT jadi desa Mandiri.

Astra juga membantu KBA Suntenjaya mengembangkan pengelolaan air yang baik dengan memanfaatkan air hujan sebagai cadangan air yang dapat dipergunakan untuk menyiram sayuran melalui tandon berkapasitas 5.000 liter yang terletak di luar rumah warga.

Melihat Peternakan KBA Suntenjaya

Ariefpokto di peternakan Domba Suntenjaya

Kami diajak melihat peternakan disana, menyusuri jalanan pedesaan, naik turun mengikuti kontur tanah disana yang berbukit, akhirnya Kami bisa melihat banyak kendang ternak. Mulai dari Domba aneka umur dan ukuran, disana juga memelihara sapi. Dombanya adalah turunan Domba Garut yang unggul. Terlihat Domba-dombanya sehat dan juga bersih. Senang juga berkesempatan memberi mereka makan.

Domba Garut di Suntenjaya ariefpokto

Kami juga diperlihatkan bagaimana area itu tidak hanya menjadi area peternakan yang efisien, dimana ada lengkap tempat pemotongan yang terencana.

Pakan hewan disini berasal dari limbah pertanian dan juga rerumputan yang diambil dari daerah sekitar.  Sapi disini kebanyakan sapi perah, Zaman dulu kotoran dari sapi ini langsung dibuang ke sungai. Sementara daerah ini cukup istimewa lokasinya, karena hulu sungainya adalah hulu sungai Cikapundung yang mengalir ke Kota Bandung. Jadi dulu merupakan sumber pencemaran aliran air Cikapundung. Sekarang prilaku tersebut sudah berubah dan tidak dilakukan lagi, karena kotoran sapi menjadi komoditi yang berharga dan bisa digunakan dengan lebih baik.

Menanam Pohon di KBA Suntenjaya

Saya berkesempatan menanam pohon di area KBA Suntenjaya. Pohon yang ditanam adalah pohon Alpukat. Salah satu buah favorit Saya. Saat menanamnya Saya berdoa supaya pohon ini tumbuh subur sehingga besar dan berbuah lebat. Senang sekali saya membayangkannya. Pohon yang Saya tanam ini adalah salah satu dari puluhan ribu pohon yang disumbangkan Astra ke daerah ini. Selain untuk penghijauan, sekaligus sebagai tanaman produksi. Begitu informasi yang Saya dapat dari Pak Gunawan.

Menanam banyak pohon adalah usaha melawan perubahan iklim, dimana pepohonan menghasilkan banyak O2 dan menyerap karbon yang semakin banyak di dunia.

Pengolahan Limbah KBA Suntenjaya

Menyusuri hutan pinus yang asri, Kamipun sampai di Pengolahan Limbah KBA Suntenjaya.

Cacing Tiger merubah kotoran hewan jadi kompos Ariefpokto

Jadi limbah kotoran ternak diubah menjadi pupuk organik yang nantinya akan didistribusikan lagi kepada warga. Kebiasaan membuang limbah kotoran hewan ternak diubah menjadi produksi pupuk organik yang ramah lingkungan. Pencemaran air sungai Cikapundung tidak dilakukan lagi, berubah menjadi hal yang bermanfaat.

Proses perkawinan cacing – Ariefpokto

Menurut Pak Gunawan, mereka memakai metode vermicomposting,  menggunakan Cacing Tiger,  cacing yang memakan kotoran hewan. Lalu kotorannya menjadi kompos yang bisa menyuburkan tanaman. Ada penjelasan lucu saat Pak Gunawan bilang kalau Cacing tidak mau kawin saat tidak ada menu resepsi mereka yaitu limbah kotoran hewan. Dan memang saat mereka diberi makan, Cacing itu akan beranak pinak semakin banyak dan menghasilkan kompos.

Pupuk yang dihasilkan oleh cacing tersebut lalu dibagikan kepada untuk tanaman sayuran dan pohon lain supaya bisa tumbuh lebih subur.

Pak Gunawan bilang kalau bimbingan Astra, membantu para warga untuk memahami dan memproduksi kebutuhan pokok saat Bertani dan Beternak secara Berkelanjutan. Prosesnya secara berkesinambungan menguntungkan dan ramah lingkungan karena pupuk, pangan dan pakan ternak diolah secara  terpadu.

Pertanian Zero Waste

Di bidang pertanian, warga Suntenjaya selalu berusaha supaya ramah lingkungan, hasil produksi mengarah pada prinsip pertanian tanpa limbah (zero waste). Jadi selain hasil taninya menjadi sumber peningkatan pendapatan petani karena mengurangi biaya pembelian pakan ternak, sampahnya menjadi berkurang signifikan menjadi tidak ada karena menjadi pakan ternak. Win-win solution karena menjadi pertanian tanpa limbah.

Kami sempat berkunjung ke area Bale Baca Ihya Al Ghazali dimana Kami bisa melihat anak-anak belajar. Selain menjadi area taman bacaan, dimana para anak di desa ini belajar banyak hal. Ada ruangan khusus belajar Disini juga menjadi tempat Kami melihat bagaimana penduduk Kampung ini memanfaatkan lokasi dengan efisien. Disini adalah lokasi penanaman.

Saya sempat mencicipi Strawberry California yang ukurannya cukup besar dan rasanya manis dan juicy. Enak sekali. Disana juga ada pohon markisa manis atau konyal yang tumbuh subur merambat di area atap.

Pengerak KBA Suntenjaya, Bapak Gunawan Zahari bilang kalau pembinaan Astra membantu warga menanam tanaman hias, tanaman konsumsi, sampai degan tanaman herbal yang berguna menjadi obat. Uniknya berbagai tanaman ini ditanam di atap dan pekarangan rumah. Jadi betul-betul efisien secara penempatan tapi menghasilkan.

Tanaman yang ditanam menjadi sumber pangan yang meningkatkan ketahanan pangan warga KBA Suntenjaya. Sisa hasil panen dijual ke pengepul dan menambah penghasilan.

Menurut Pak Gunawan Nilai hasil panen dari kebun dan ternak meningkat secara pesat. Oleh karena itu warga KBA Suntenjaya mulai pun membuat berbagai produk olahan seperti sale pisang, keripik bayam, yoghurt, permen karamel, dan kopi yang dapat dijual,” tutur Gunawan.

Senang sekali berkunjung ke KBA Suntenjaya, karena berbagai usaha mereka seiring sejalan dengan usaha untuk tetap bertahan dari gempuran perubahan iklim tanpa harus kehilangan mata pencaharian mereka. Karena semua prosesnya berkelanjutan dan ramah lingkungan. Bantuan dari Astra juga bisa dimaksimalkan manfaatnya oleh warga KBA Suntenjaya. Karena selain pengembangan hasil tani, Astra juga memberikan pembinaan kepada warga sekitar metode Bertani dan beternak yang berkelanjutan yang ramah lingkungan. Pemberdayaan limbah sayur sebagai pakan ternak serta pemanfaatan limbah ternak sebagai sumber pupuk organik untuk sayuran bisa terus berjalan tanpa merusak lingkungan.

Sebuah bukti nyata bahwa hidup beternak dan bertani bisa sejalan dengan perlawan terhadap perubahan iklim, sebuah usaha yang bisa ditiru daerah lain.

10 comments

  1. Bertani sekaligus menjaga kelestarian alam, ini luar biasa manfaatnya dapat double ya.
    Maka memang bisa kok yuk kita berkontribusi untuk menanam pohon.

  2. Sektor perkebunan,pertanian sangat dipengaruhi iklim dalam prosesnya.
    Sungguh beruntung kampung Suntejaya perhatian dari ASTRA apalagi masalah perubahan iklim semakin meresahkan. Semoga kedepannya lebih banyak lagi desa bimbingan ASTRA dengan konsep berkelanjutan.

  3. melihat lingkungan kampung yang masih asri, membuat saya pengen ikutan berkunjung ke sana juga. Perubahan iklim ini bisa kita lawan, asalkan kita semua kompak. Gak usah melakukan hal-hal luar biasa, cukup dimulai dari hal-hal kecil aja, namun bila semua melakukannya saya yakin hasilnya lambat laun pasti akan kelihatan

  4. Perubahan iklim itu nyata adanya ya kak , untuk mencegahnya emang harus dimulai dari tindakan manusia itu sendiri Hebat nih warga KBA Suntenjaya bisa swadaya berkegiatan tentang ramah lingkungan . Patut diapresiasi

  5. Wah hebat sekali Kampung BErseri Suntejaya yang merupakan kampung binaan Astra. Sudah menerapkan 4 pilar yang jadi fondasi dari kesuksesan. SElamat mas semoga tulisan menang .

    1. Bagus banget ya program Astra ini. Bisa menjadikan kampung yang produktif. Gak cuma bisa membantu masyarakat sekitar juga tapi bisa jadi nilai tambah ecowisata ya mas. Salut deh sama warga KBA Suntenjaya

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.