Halo TemenAip! Apa Kabar? Gimana mudiknya? Seru. Senangnya berkumpul sama keluarga di kampung halaman setelah tiga tahun ga bisa mudik dengan bebas. Dulu kan ribet ada PPKN, dll. Banyak aturannya.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mudik Lebaran

Pulang dari Kampung halaman pastinya lelah badan, lelah dompet tapi hati penuh terasa ke charge karena berjumpa dengan orang-orang tercinta.

Apa saja yang harus dilakukan setelah mudik Lebaran? Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan.

Istirahat

Yang pertama adalah istirahat dengan cukup. Tidur dengan efisien. Soalnya badan udah capek kan di perjalanan. Mau bawa mobil sendiri maupun naik kendaraan umum, badan pasti capek. Memang ga dirasa-rasa. Tapi badan mengalami banyak hal dan tekanan selama perjalanan mudik dan arus balik. Jangan lupa makan yang sehat dan bergizi, karena musim Lebaran Kita makan penuh santan dan lemak yang sedap. Mesti disehatkan lagi asupan makanannya.

Cek Kendaraan

Kalau mudik menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya mobil atau motornya dicek di bengkel kesayangan. Supaya nanti pas dipakai sehari-hari udah fit lagi. Siapa tau karena perjalanan jauh olinya berkurang, tenaganya berkurang jadi perlu tune up dkk. Liat juga kondisi ban, jangan sampai jadi halangan di hari berikutnya. Ban kempes, kurang angin dsb .

Bersihkan juga kendaraan karena pas mudik pasti banyak sampah dll. Siapa tau ada lontong nyelip di bawah jok. Kalau dibiarkan bisa busuk nanti repot baunya kemana-mana.

Cek Keuangan

Nah ini adalah salah satu faktor yang amat tertekan setelah mudik. Karena mudik itu mengeluarkan banyak uang. Untuk ongkos, makan, bagi-bagi angpau Lebaran, ngasi orang tua, wisata dan banyak lagi.

Walaupun keluar banyak uang tapi hati senang. Sebuah perasaan yang tidak ternilai.

Tapi jangan lupa pulang mudik yang bikin kehidupan setelahnya kacau.

Hitung ulang pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai boncos. Kalau memang terlalu banyak pengeluaran, saatnya mengencangkan ikat pinggang dan mencari cuan lagi biar perekonomian kehidupan tidak terguncang karena boncos pas mudik.

Persiapkan Mindset & Mental

Ketika libur panjang, mindset kita udah liburan aja bayangannya. Tapi pulang mudik, udah harus diubah karena saatnya menghadapi kenyataan. Udah harus kerja lagi, jadi gak bisa leyeh-leyeh lagi hahah.

Mental juga harus dikuatkan supaya bisa kuat menghadapi kehidupan sehari-hari.

Demikian Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mudik Lebaran, semoga semuanya lancar ya

8 comments

  1. kalo sy cek keuangan terlebih dahulu, soalnya kalo mudik suka kalap pengen ini itu xD tapi tahun ini lebaran idul fitri ga bisa mudik karena ga dapet cuti ūüôĀ

  2. dari yang saya baca banyak yang pas mudik itu keuangannya berantakan yaa karena pas mudik memang kadang sulit mengatur keluarnya uang. tapi pastinya kebahagiaan berkumpul bersama keluarga tidak bisa selalu diukur dengan uang

  3. Setelah mudik, emang wajib melakukn Cek kesehatan dompet, fisik dan mental . Setiap abis dari pulang kampung aku selalu balik 1 hr lbh cepat, untuk istirahat juga

  4. Sama seperti ketika liburan atau jalan-jalan, pas balik mudik pun pasti saya lebihin satu hari cutinya khusus buat istirahat saja. Soalnya selain tubuh perlu istirahat, otak dan hati juga mesti istirahat agar mindsetnya bisa diubah ke mode kerja lagi. Kalau nggak, ntar pas masuk kerja tapi otak dan hatinya masih berkeliaran kemana-mana. wkwkwk.

  5. Habis mudik tuh, bawaannya mager
    Vibes nya masih liburan aja
    Bahkan butuh sampai H+14
    Hehhe
    Tapi emang ya pasca mudik banyak hal yang harus kita cek agar bisa kembali ke aktivitas normal sehari-hari

  6. Kalo habis mudik lebaran naik mobil lalu istirahat kok rasanya masih berasa di jalan aja ya? Wkwkkw.
    Bang Aip ada tips gak biar tidurnya nyenyak pasca mudik?
    Btw kmrn mudiknya ke mana nih?

  7. iiih itu seandainya ada lontong nyelip di bawah jok, bukan perkara baunya ya Kak Aip.. tapi itu lho.. belatungnya duh bakal ke mana-mana. Iuuuhh,.. *dih kenapa jadi membayangkan

    aku waktu kecil, kalau habis mudik, biasanya harus ada waktu istirahat sehari sebelum beraktifitas seperti biasa (misal masuk sekolah). Jadi badannya udah gak kaget lagi.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.