Hello TemenAip, kali ini mau sharing soal soal Tips Membuat Konten Video Traveling. Seperti Kita tahu kalau zaman sekarang, konten video amat banyak peminatnya. Jadi sekarang rata-rata Content Creator membuat video untuk dibagikan pada followers.

Kali ini Saya mau sharing Tips Membuat Konten Video Traveling. Secara umum saja ya bisa dipraktikkan banyak orang. Menurut Saya, setiap orang bisa membuat konten video yang baik.

Ngonten Video di Sentul

Alat Membuat Konten Video

Untuk membuat konten video, Saya menggunakan Smartphone. Karena praktis, ambil video, mengolah data, mengedit videonya langsung di satu alat, jadi ga ribet-ribet pindahin data dari satu alat ke alat lain.

Sebenarnya bisa mengedit video di laptop. Tapi Saya kurang menyukainya. Lebih mudah di Smartphone. Untuk saat ini Saya menggunakan Iphone 12 Pro Max, selain itu Saya juga menggunakan Poco X6 sebagai HP cadangan. Sebelumnya Saya pakai Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Mau pakai Apple, Android dengan aneka merk seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Sharp, Intel dan banyak lagi semuanya bisa asal Kita bisa memanfaatkan fitur kameranya dengan baik.

Menurut Saya sekarang Smartphone udah pada canggih dan baik untuk mengambil gambar ataupun video. Tapi disarankan menggunakan Smartphone yang kamera videonya menggunakan OIS untuk stabilisasi videonya. Jadi videonya gak goyang. Kalaupun belum ada OIS atau EIS, bisa diakali dengan fitur Stabilizer. Tapi tetap tidak sebaik kamera yang punya fiturnya.

Kalau belum punya smartphone kamera OIS ataupun EIS bisa juga diakali dengan menggunakan tripod, tongsis dll. Selalu ada jalan buat memproduksi video dengan lebih baik. Jangan pesimis, kita selalu bisa mencari alternatif solusi bagi setiap masalah teknis.

Alat Lain Mengambil Video

Ada beberapa alat lain yang bisa dipakai untuk mengambil konten video seperti Kamera DSLR, Mirrorless maupun Kamera Gimbal yang simple pemakaiannya. Tapi sekarang Saya jarang pakai semuanya karena repot mindahin file ke Smartphone buat diedit, dan kamera gimbal Saya rusak karena tenggelam di kolam Belut Morea di Maluku. Jadi Kita fokus ke Smartphone aja ya.

Aplikasi Membuat Konten Video

Untuk membuat Konten Video, Saya menggunakan aplikasi Capcut. Ada versi gratisnya di PlayStore maupun Appstore. Ada juga Aplikasi Inshot, VN maupun Kinemaster. Tapi buat Saya yang paling nyaman untuk sekarang ya Capcut.

Capcut

Tampilan Capcut di HP

Untuk Saya aplikasi yang paling ideal saat ini adalah Capcut. Karena semua kebutuhan Saya ada disana. Plus banyak template bagus yang bisa digunakan , hebatnya lagi dia terhubung sama Tiktok, jadi kalau ada trend video yang kekinian bisa ikutan.

Sayangnya harga berlangganan cukup mahal, tapi tenang pakai yang gratisan juga cukup OK

Inshot

Inshot ini cocok buat pemula, layout nya sederhana dan mudah sekali menggunakannya. Boleh juga buat dipakai mengedit video sederhana mulai dari gabungan foto sampai dengan video.bisa berkreasi dengan mudah bagi pemula.

VN

Nah kalau yang ini detail banget. Dan kalau ngedit bisa rapat sekali saking detailnya. Bagus sih kalau pandai mengoperasikannya. Tapi buat Saya VN ini terlalu advanced. Dan agak malas melihat terlalu detail gini. Tapi kalau suka kenapa nggak kan ?

Sekian dulu Tips membuat Konten Video Traveling, Saya akan lanjutkan lagi di bagian 2 ya

Semoga berguna TemenAip !

14 comments

  1. Malah kebalikannya mas, aku kalo ngedit malahan ga pernah via hape. Gatau kenapa, cuma ga dapet aja gitu feel-nya. Toh skrg copy video ke laptop juga ga lama, jadinya ga repot banget.
    Aku biasa pake Capcut juga mas. So far enak si interfacenya, dan beda bangeet tampilannya. Meskipun yaa secara hasil mah sebelas dua belas ya, sami mawon.

  2. Tim CapCut sih akuu.. soalnya emang paling gampang, ini juga udah beralih dari Inshot yang gampang banget, ehehehe. Bisa CapCut aja udah berasa keren aku, hahaah.

    Kendalaku dalam mengonten adalah, numpuk bahan raw tapi gak dikerjain2 tuh sampe liburan beikutnya. Kesel kan yaaaa. Kesel sendiri tapi tetep aja didiemin sampe memorinya penuh, wkwkwk.

  3. Aku belum pernah pakai VN.
    Boljug nih dicobain, hehehe..
    Aku minim edit kalau lagi konser, Ka Aip. Yauda aja gituu.. apa adanya. Hehhee, asal gak panjang-panjang juga yaa.. Durasi menentukan ketahanan penonton yang tertarik.

  4. Saya sampai bela-belain beli gimbal stabilizer Mas, biar hasil video ngga goyang.
    Diantara ketiga aplikasi editing video di atas baru coba dua saja, Inshot dan CapCut.
    Keduanya mudah dan sudah banyak tutorial editing menggunakan kedua aplikasi tersebut.
    Sejak kenal CapCut saya beralih kesini karena fiturnya lebih banyak dan sebelum ada versi pro seperti sekarang, menurut saya fiturnya lengkap, udah bisa bikin konten menarik ala-ala di TikTok.
    Mana sekaang mereka bikin versi kreator yang tinggal pakai templatenya.

  5. Saya team capcut kak AIf yang simpel saja, dan memang jarang-jarang editing video sih, tapi kayaknya mulai sekarang wajib banget sayang video traveling cuman sembunyi di hardisk heheh jadi tips kak AIf useful banget buat aku, ditunggu bagian 2 nya kak AIf

  6. Tx mas AIP. Aku sendiri masih belum terjun sih ke video. Krn males edit nya . Sebenernya bisa minta si kakak utk edit. Anak zaman skr, lebih canggih dan cepet menguasai, si kakak udh mahir pake capcut. Pernah sekali aku bayar dia utk edit video pertunjukan adiknya .

    Baru tahu kalo ambil video pakai gimbal terpisah, hasilnya ttp LBH BGS kalo kamera hp nya udh dilengkapi stabilizer bawaan. Kirain gimbal terpisah justru LBH stabil mas…

  7. aku dulu ituuu tau capcut dr ponakan pikirku itu aplikasi video alay2 gt ternyata apliaksinya keren bangett…komplit banget sue menurutku itu aja belum bener2 maksimal penggunaanya hehe lebih ke malah utak utik kalo aku hahaha memang dasar pemalas
    aku lebih sering pakai template yang ada nti tinggal kasih tulisan gitu wkwkwk ..pe er banget buat memaksimalkan fitur yang ada di capcut biar dapat hasil video yng maksimal

  8. Nahh suka banget ama tulisan ini. Yg penting semangat ngontennya ya. Plus nambah skill juga. Bukan berarti kalo take video harus pake iPhone atau HP mahal lainnya.

    Untuk app editing baru bisa pake capcut sih ya blm coba yg lain.

  9. Sebenarnya, modal utama untuk membuat konten video tuh kemauan aja. Mau eksekusi bikin video tanpa perlu maju-mundur cantik.

    Karena benar saja. Kalaupun ada fitur yang nggak ada di Smartphone kita dan itu butuh untuk bikin video, maka kita bisa mencari alternatif yang lain.

  10. dulu awal awal ngedit milih inshot sama VN. Dari dua aplikasi ini aku favorit ke VN
    terus beralih ngedit pake Capcut, kalau dikasih pilihan VN atau Capcut kayaknya bakalan milih capcut, karena sekarang lebih sering buka capcut 😀

    dulu aku mikirnya kalau mau ambil video yang bagus kayaknya perlu modal buat pake camera mirrorless, ehh lama-lama males juga aku bawa kamera kalau ga butuh butuh banget. Kadangkala pas traveling dibawa, tapi kadang engga dibawa kalau tas udah beratt dan nggak ada space

  11. terima kasih buat tips-nya. Kebetulan sudah pernah coba semuanya nih, dan akhirnya memutuskan untuk pake capcut saja. Bukan apa2 sih, storage hape-nya gak cukup nampung ketiganya. Jd memilih yang lebih gampang digunakan dan jg krn terhubung ke tiktok. Abis edit tinggal upload.

  12. aku juga pakai Capcut, kak.
    mayan bangettt bs mempermudah editing

    ya walopun hasilnya blum maksimal, tapi dah OK lah buat taruh Tiktok dan IG

    ok menurut aku yhaaa

  13. Terima kasih banyak sharing tips nya. Betul nih hp jaman now sudah sangat mumpuni rata-rata buat ngonten. Terpenting fitur stabilizer di kamera HP sih biar enggak gemeteran banget gituh mesti di CapCut ada fitur buat stabilizer, kadang tetap terasa ga stabil nya.

    Kebetulan aku baru familiar sama CapCut. Dulu pernah coba pake Inshot tapi kayak ga terlalu ngulik jadi nya milih pake satu aplikasi dulu buat editing. Maybe nanti mau coba coba pake VN biar tau beda nya atau detail nya ssperti apa.

    Ku tunggu artikel part 2 nya yaa..
    Semangat ngonten.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.