Hello TemenAip ! Apa kabar ? Mau nanya deh, ada yang sudah mencicipi kuliner New Zealand ? Mungkin ada yang jawab belum. Mungkin ada yang sudah. Tapi mungkin sebenarnya kita udah nyoba tapi gak tau itu adalah produk New Zealand. Karena peredarannya yang mendunia, termasuk ke negara Kita, Indonesia.

Ariefpokto di Taste NZ


Nah setelah Kulineran Melaka bulan lalu, Ariefpokto.com diundang untuk mencicipi aneka kuliner yang terbuat dari produk terbaik New Zealand di The Dharmawangsa di kawasan Kebayoran Baru. Merayakan 60 tahun hubungan diplomatik  antara New Zealand dan Indonesia diadakan acara Taste of NZ , ada beberapa produk asli dari New Zealand yang diolah menjadi aneka masakan lezat oleh Chef William Gozali.


Acara makin seru karena disambut oleh Lima orang penari asal Maori yang bernyanyi dan menari dengan semangat lengkap dengan tattoo dan kostumnya. Sayang gak sempat berfoto bareng. Merekam keren banget lho

Penari / Penyanyi Maori


Memasuki ruangan langsung terpampang nyata aneka olahan produk New Zealand. Di meja utama ada aneka finger food berselera. Selain tampilannya cantik. Rasanya juga juara. Dicicipi satu-satu, lidah serasa ikutan petualangan rasa. Terbuat dari kolaborasi produk pilihan yang turut serta dalam Taste of NZ, sang Chef berhasil menonjolkan rasa dan kesegaran produk yang hadir saat itu.


Produk New Zealand yang hadir adalah Airborne Honey, yang punya pengalaman 107 tahun memproduksi madu dan secara teknik kompeten kaena penelitan yang lama. Fonterra yang merupakan pemimpin global dalam hal dairy nutrition, dalam hal ini menampilkan Anchor Family dan Anchor Food Professionals.

The Griffins’s Company penyedia snack sehat, yang menampilkan Mixed Berry dan Choco Almond Nut Bar. Manuka Health, pemimpin pasar Madu Manuka, pionir dalam Methylglyoxal (MGO , parameter hitungan gizi Manuka). Tatua, perusahaan Dairy tertua di New Zealang yang menampilkan Mascarpone, Sour Cream, Cheese Sauce yang biasa dipakai di catering, restaurant dll. Whittaker’s, produsen coklat ternama New Zealand. Sudah berdiri sejak 120 tahun lalu, dengan setia memproduksi Coklat NZ kelas dunia. Zespri, perusahaan yang menjual Kiwi di 59 negara. Perusahaan ini dimiliki oleh 2500 petani Kiwi yang membuat inovasi dalam supply, distribusi dan marketing buah Kiwi.

Disajikan juga aneka Wine NZ


Nah produk-produk di atas ini diolah menjadi bintang utama dalam Taste Nz oleh Chef William Gozali. Jadi deh Kuliner New Zealand !


Yang menjadi highlight Kuliner New Zealand kali ini buat saya adalah
Airborne Clover Honey, Roast NZ Lamb, Naan, Hummus, Olive Oil Taboulee


Duh, Daging gombanya empuk, dibalut dalam roti Nan yang juga empuk, ada rasa sayuran segar. Rasa Madu cengkeh dari Airborne Honeynya terasa tapi tidak menguasai. Menjadikan keseimbangan dari hidangan ini. Enak ! Berasa sehat sekali makanannya.


Nah ini istimewa sekali. Karena rasanya kompleks. Chef nya jago banget membangun rasa. Dimulai dari rasa coklat alami, lalu ada sedikit gurih dalam gigitannya ditambah dengan rasa asam yang sensasional dari passion fruit ( markisa ) yang menyegarkan ! Bentuknya juga cantik sekali. Saya Ambil Duaa ! hahahah


Goat Cheese Beignet with Manuka Honey and Rosemary


Dulu pertama kali makan Beignet waktu di Paris. Digoreng panas, lalu disajikan hangat dengan kopi. Ya Beignet adalah semacam donat goreng makanya rasanya familiar banget. Tapi Beignet di Taste of New Zealand ini beda level pemirsah ! Isiannya pakai Keju Kambing. Luarnya Crispy , dalamnya kenyal-kenyal keju yang tidak telalu asin. Keju kambing memanglah sedap. Istimewanya lagi, dicelupkan ke dalam saus Madu Manuka dan Rosemary. Duh rasanya special banget deh. Aroma dan rasa keju manuka itu beda sama madu lainnya. Paduan rasanya jadi gurih dan manis menarik sekali.

Confit Eggplant, Caramelised Onion, Tomato Jelly Crouton , Feta Tofu and Blood Vein Sorrel


Nah kalau hidangan yang tampilannya cantik ini rasanya kompleks sekali. Salut buat Chef yang pandai memadu padankan aneka rasa produk terbaik dari New Zealand. Ini adalah hidangan dengan rasa yang cukup kompleks. Ada asin keju Feta, sedikit rasa bawang, terong yang dimasak dengan cara perendaman dalam minyak zaitun dan diakhiri dengan rasa asam sensasional di akhir.

Demo Masak

Demo Masak


Sempat pula diadakan demo masak menggunakan aneka produk New Zealand. Kali ini Chef memasak Ravioli Udang dengan Keju Parmesan Merah, Bayam dan saus keju. Raviolinya lembut banget, didalamnya ada udang yang segar. Saus kejunya menambah nikmat rasa, apalagi ditambah bayam. Keju parmesan merahnya menegaskan kegurihan masakan ini. Baru pertama makan keju parmesan merah. Biasanya kan yang bubuk buat di atas pizza atau pasta. Rasanya sedikit lebih padat dari itu. Kuliner New Zealand yang Sedap betul.

Fruit Flambe Station


Nah ini menarik sekali. Sudah lama tidak ketemu Fruit Flambe. Kemana aja dia dalam hidupku ya ? hehehe. Kita bisa pesan Fruit Flambe yang terdiri dari buah-buahan New Zealand seperti Kiwi, Strawberry, Blueberry , pisang dan jeruk. Rasanya pas banget. Aneka rasa buah segar digabung dalam wajan, dimasak sebentar dengan aneka saus. Rasa buah-buahannya dikeluarkan maksimal dengan teknik flambé.

Lamb Station


Lamb Station ini tampilan dan baunya sudah menggugah selera banget. Sous Chef akan memotong daging dari Paha Domba New Zealand yang empuk. Disajikan dengan saus mint jelly dan Feta cheese. Dagingnya empuk sekali. Tidak bau prengus dan aroma rempahnya terasa terutama rosemary. Ditambah saus mint jelly yang segar dan asinya keju feta. Membuat hidangan ini takkan terlupa. Memanglah Domba New Zealand itu adalah yang terbaik di dunia ya. Dagingnya empuk banget. Rasanya sedap. Penasaran pengen liat peternakannya langsung disana.

Salad Bar


Rada telat menemukan bagian ini karena bingung mau makan yang mana duluan. Tapi Salad Barnya menarik sekali. Aneka sayuran segar siap disantap. Ada juga Taco Ikan. Saya memilih salad timun dengan kepiting dan Alpukat yang rasanya sensasional . Sempat juga makan Salad paprika yang segar krenyes-krenyes. Sayang tidak bisa mencicipi semua karena kenyang.

Manuka Honey

Bunga Manuka



Saya pernah membeli Manuka Honey. Harganya memanglah tidak murah. Tapi khasiat anti bakterinya bagus sekali. Kalau tidak enak badan atau mau flu, minum madu ini lekas pulihnya. Dalam acara Taste of New Zealand ini baru belajar kenapa madu ini mahal, karena madu ini diproduksi oleh lebah yang mengambil nectar Bunga Manuka. Sementara Bunga Manuka ini hanya ada di New Zealand dan hanya berbunga selama 6 minggu dalam setahun. Jadi jarang banget kan bisa memanen Madu Manuka. Pohon Manuka adalah tanaman obat penting di Suku Maori, sebagai obat sakit pencernaan, mulut dan kulit. Saya juga baru tahu soal grade Manuka. Ada dua macam system Grading-nya. Hitungan MGO dan UMF. MGO adalaha senyawa yang terbentuk di dalam madu dari nectar Bunga Manuka. MGO bisa jadi parameter untuk melihat kualitas dari Madu Manuka. Yang beredar di Indonesia mulai dari MGO 30 sampai dengan MGO 550. Madu ini telah diteliti secara ilmiah dan dipasarkan secara global. Bahkan ada perusahaan Madu Manuka yang bisa memberikan jaminan penelusuran madu produksi mereka berasal dari pohon daerah mana untuk menjamin keasliannya. Canggih ya.

Dairy Products

Aneka macam produk Tatua


Saya sempat mampir ke stand Tatua yang memproduksi aneka macam dairy products untuk masakan. Ada keju Mascarpone yang pas untuk membuat tiramisu, Cheese Sauce, sour cream, Whiping Cream, Culinary and Whiping Cream dan beberapa produk lainnya. Sempat mencicipi Cheese Cake dengan cheese sauce dan raspberrynya. Rasanya beda banget, cheese sauce nya tidak memiliki rasa asam. Membuat cheese cake nya mulus banget.
Selain Tatua, ada Anchor yang cukup familiar bagi saya. Anchor juga memproduksi aneka dairy products seperti susu segar , mentega dan banyak lagi. Sempat mencicipi Kiwi Mousse Crumble-nya yang cantik. Duh kok enak ya ? hahaahaha. Kuliner New Zealand juara soal dairy products nya

Kiwi

Kiwi Green & Golden


Buah yang NZ Banget ya Kiwi. Pas Acara Taste of NZ, ada Free Flow Kiwi Zespri. Bikin bahagia gak siih ? Ada dua macam Kiwi. Yang hijau dan emas. Kalau yang hijau seratnya lebih tinggi dan rasanya lebih manis. Sementara itu Kiwi Emas rasanya lebih asam menyegarkan dan kandungan vitamin C nya banyak sekali. Kiwi itu wajib dalam Kuliner New Zealand.


Icip sana sini tanpa terasa lumayan waktu berlalu. Kalau lagi senang kan kayak gitu. Perut kenyang , dan lidah terhibur dengan aneka rasa. Banyak sekali hidangan sedap yang hadir dalam Taste of New Zealand. Senang sekali bisa hadir di acara ini. Sedikit banyak bisa lebih mengenal kuliner New Zeland. Menurut saya keunggulannya adalah dalam produk segar berkualitas terbaik. Tidak mudah menjaga konsistensi produksi bahan makanan seperti itu. Tapi dengan kedisiplinan hal itu bisa dicapai kok. Itu yang bisa kita tiru dari New Zealand. Makan makanan sehat dan segar di New Zealand sudah masuk ke dalam bucket list travelling saya nanti. Untuk sekarang sangat senang dengan kuliner New Zealand nya yang segar, sehat dan sedap sedap sedaaaap !

Tonton kulineran New Zealand disini gaes


Terima kasih kepada Ibu Diana Permana, New Zealand Trade Comissioner to Indonesia, Mas Arie Parikesit #KelanaRasa yang telah mengundang Ariefpokto.com ke acara yang menyenangkan ini.

22 comments

  1. AH keren bikin ngiler nih kuliner NZ. Kok bisa-bisanya aku melewatkan event ini ya. Kalau ada event makan-makan lagi, ajak aku ya Kang. Sekarang doanya, semoga kita bisa ke NZ suatu hari nanti. AAMIIN. :))

Leave a Reply