Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Di tahun 2020 ini kemajuan teknologi sudah sangat maju, mulai dari dunia bidang biologi, kimia, teknologi informasi, Teknik, dan banyak bidang lainnya. Tapi belum semua dari impian Saya tercapai, seperti mobil terbang, perjalanan ruang angkasa, dan sistem energi mandiri. Kok kayaknya susah banget terwujud ya ? Sampai akhirnya, Saya berkesempatan  berkunjung Ke Masa Depan , lewat Baran Energy Powerwall.

Rumah Swa Energi

Saya berkesempatan berkunjung ke sebuah sebuah perumahan yang listriknya bersifat Swa Energi. Adalah The Leaf Boutique Resort Ciawi Bogor, yang merupakan bagian dari Baran Property, yang akan menjadi proyek percontohan hunian yang sumber energinya tak perlu mengandalkan orang lain. Rumah dengan energi terbarukan ! Kita bisa dapat listrik gratis di rumah sendiri, tak perlu beli dari orang lagi.

Kami mengunjungi unit rumah yang indah dengan arsitektur modern minimalis. Dengan luas bangunan 300 meter dan luas tanah 400 meter, rumah ini berdiri kokoh. Dilengkapi dengan fasilitas rumah seperti pada umumnya, plus kolam renang. Dan rumah ini menjadi sangat istimewa karena seluruh sumber energinya didapatkan dari Baran Energy Powerwall.

Disambut Victor Wirawan, CEO/ Owner PT. Aldebaran Rekayasa Cipta, Kami dipersilakan melihat langsung proses kerja dari Baran Powerwall.

 Sebuah sistem energi mandiri yang ditempelkan di salah satu dinding kolam renang rumah . Ada tiga buah kotak besar dipasang disana. Kotak abu dengan dua kotak kecil, lalu sebuah kotak berwarna kuning dan kotak terbesar berwarna putih dengan tulisan Baran , inilah sistem canggih energi mandiri Baran Energy.

Mulai dari listrik lampu ruangan, water heater, mesin kolam renang, semuanya berjalan dengan lancar tanpa kendala memakai energi dari Baran Powerwall. Sempat dilakukan Tes Powerwall , semuanya berjalan mulus, karena semua terkomputerisasi. Kita sebagai pemakai benar-benar dimanjakan dengan kepraktisannya.

Sumber Energi Matahari

Sesungguhnya Baran Powerwall adalah salah satu jalan keluar ideal dalam hal Swa Energi, karena Indonesia adalah negara dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Ketika mampu memanen energi sendiri, otomatis ketergantungan terhadap sumber energi lain akan berkurang.

Memakai solar panel, sel Fotovoltaik digunakan untuk mengubah Energi matahari menjadi Energi Listrik. Lalu disimpan dalam dalam Baterai Baran Powerwall untuk digunakan di rumah. Kelebihannya akan disimpan untuk dipakai selanjutnya.

Kelebihan energi matahari adalah ramah lingkungan dan tidak memengaruhi iklim, tidak pernah habis dan bisa dipakai dimana saja. Usia solar panel bisa dipakai sampai 20 hingga 30 tahun.

Baran Powerwall dilengkapi sebuah sistem yang terdiri dari Solar Panel, Solar Inverter dan Baterai Inverter.

Spesifikasinya sebagai berikut

1. MAX CAPACITY 8, 8 KWH

2. DIMENSION P 60 X 20 X 100 CM

3. LITHIUM ION BASED BATTERY CELL (4000 CYCLE) 

3.MODULAR BMS (BATTERY MANAGEMENT SYSTEM) 

4. ACTIVE COOLING DESIGNED FOR TROPICAL CLIMATE

5. FULL STACK SAFETY SYSTEM (SHORT DETECTION, INERTIA SENSORS, ETC) 

6.  BUILT IN IOT SYSTEM

Enaknya, kita sebagai konsumen tinggal menikmati saja layanan Baran Powerwall. Setelah dipasang semua berjalan otomatis. Gak perlu tekan ini itu. Faedah banget buat kita yang gaptek kan. Hahahaha.

Semuanya sudah diatur oleh computer. Kita bisa melihat angka sisa baterai , tegangan di layar

Secara sederhananya dari Solar panel energi akan disalurkan ke Solar Inverter, Lalu dimasukan ke Battery Inverter yang selanjutnya akan disalurkan untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Sisanya akan disimpan di baterai Baran yang berwarna putih itu.

Apakah kita masih butuh listrik PLN ? Listrik PLN bisa saja menjadi sumber energi cadangan. Tapi pemakaiannya akan sangat minim karena keseluruhannya sudah dihandle oleh Baran.

Percobaan perpindahan dari Baran ke PLN juga sempat dicoba. Dan sangat halus, seperti tidak ada spanneng atau daya listrik turun.

Yang pasti penggunaan listrik akan semakin hemat. Diklaim bisa menghemat 4 kali dari pemakaian listrik konvensional.

Harga Baran Powerwall

Ada dua buah paket Baran Powerwall

1.      Paket Premium seharga Rp. 234.000.000

2.      Paket Accelerate seharga Rp. 149.000.000

Pemilihan paket disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Tapi semua bisa dibayar dengan harga Rp. 1 saja melalui skema pembiayaan khusus melalui Generally , Prudential dan Bank BRI.

perhitungan hemat listrik Baran Energy

Produk Lain Baran Energy

Baran Energy juga memiliki solusi untuk kebutuhan energi dengan jumlah besar yaitu Baran Cube dengan 1mWhyang bisa dipakai di pabrik, area industry, area area pertambangan, real estate, area perkebunan. Lalu ada Baran Powerpack 96 kWh yang bisa dipakai untuk UMKM.


Lalu ada juga Baran Ev, yang bisa dipakai untuk menyuplaiteknologi terbaru motor listrik, juga  teknologi baterai pak untuk kendaraan super dengan tenaga listrik.

Sekian, sekilas #Aiptrip ke masa depan, mengintip saja, tapi sangat bersemangat melihat perkembangannya. Semoga bisa diterapkan di seluruh penjuru negeri. Di Desa terpencil, di resort yang berada di pulau yang jauh, dimanapun itu akan membawa kebaikan.

Kalau TemenAip ingin tahu lebih banyak soal Baran Energy, silakan klik di http://baran-energy.com  , check juga social medianya di instagram.com/baranenergy juga Instagram Bapak Victor di instagram.com/victorwirawan

Leave a Reply