Hello TemenAip ! Apakabar ? lagi baca draft, ternyata ada satu tulisan belum diterbitkan. Ya tulisan ini, sayang juga kalau tidak diterbitkan. Ini adalah review Greenhost Hotel di Jogjakarta. Sebenarnya sudah agak lama menginap disana, sekitar tahun 2016, tapi sepertinya masih  relevan, karena hotelnya masih berjalan, terakhir lewat sana akhir 2019. Ya, karena pandemi, jadi jarang Aiptrip. Yuk dibaca Menginap Hijau Di Greenhost Hotel .

Sebagai pecinta warna hijau, saya suka segala sesuatu yang berwarna hijau. Mulai dari pepohonan , hutan, sayuran, dan uang ( hahahahaha). Penasaran juga pas berkesempatan menginap di hotel yang temanya hijau. Bukan cuman warna dan banyak pohon, tapi juga gaya hidupnya yang hijau.

Tapi untuk bergaya hidup hijau, dimana kita lebih peduli terhadap lingkungan, saya merasa masih dalam tahap paling dasar. Sebatas mencoba mengurangi penggunaan plastik, mencoba bercocok tanam , dan sebisa mungkin tidak merusak lingkungan, minimal tidak membuang sampah sembarangan. Tapi “biaya karbon” saya pribadi masih besar. Saya masih menggunakan kendaraan bermotor , masih kurang hemat listrik dan air, dll.

Saat ikut dalam Program Dari Timur ke Barat, kami mendapatkan penginapan di Greenhost Hotel , dan merupakan pengalaman yang sangat menarik karena hotel ini unik sekali.

IMG_20160826_054941.jpg

Seingat saya , belum pernah rasanya menginap di hotel yang bernuansa lingkungan. Ramah Lingkungan tepatnya. Lebih seringnya Hotel yang lingkungannya ramah ( dibahas).


Tapi Greenhost Hotel ini berbeda, secara konsep dia mengutamakan konsep ramah lingkungan, dari design yang meminimalisir penggunaan listrik, desain yang memaksimalkan ruangan terang karena cahaya matahari. Bahan bakunya pun memakai beberapa bahan bangunan yang digunakan kembali. Tapi satu yang menonjol, yaitu desainnya tetap cantik artistik.

Dan sebagai Boutique Hotel, sudah pasti ada suatu kewajiban tersendiri memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih premium dibanding hotel biasa.

Dan itu yang saya rasakan ! ketika masuk, kita sudah disambut oleh bangunan yang dindingnya penuh dengan sulur tanaman merambat, yang pada akhirnya menjadi dekorasi dari hotel ini. Selain mempercantik bangunan, juga menjadi semacam penanda kalau hotel ini HIJAU.

Aneka macam bagian dari hotel ini menggunakan bahan yang pernah dipakai sebelumnya , seperti meja terbuat dari besi bekas, aneka panel kayu, dan sebagainya.

Bangunannya berwarna keabuan, tapi dengan penataan yang sangat baik, kesan abu hilang diganti aneka macam hijau-hijauan dan permainan tata cahaya lampu yang menarik sehingga tidak membosankan dan menjadi elegant.

Salah satu daya tarik utama dari hotel ini adalah kolam renang yang bentuknya memanjang di tengah hotel. Seakan melengkapi elemen alam dalam hotel ini.

Yang pasti banyak sekali spot instagamable di hotel ini. Setiap sudutnya menarik untuk diabadikan. Seakan tidak pernah habis untuk difoto.

Terletak di jalan Prawirotaman II no 629 Jogjakarta, hotel ini terlihat selalu penuh ketika kita menginap disana. karena terlihat ada saja yang check in disana.

Saya sempat agak lama nongkrong berbincang dengan kawan dekat. Selain karena konsepnya yang menarik, hotel ini juga semakin laku dengan menjadi tempat shooting film AADC2  yang dibintangi Dian Satrowardoyo dan Nicholas Saputra yang memang secara maksimal mempromosikan pariwisata Jogja sewaktu film ini tayang di bioskop.

IMG_20160826_055517.jpg

Fasilitas Komplit

Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, dari ruang pertemuan, kolam renang, spa, art kitchen,  bar, dan yang paling menarik hati saya sebuah kebun hidroponik di lantai paling atas !

Keren banget. Mereka menanam aneka macam sayuran seperti kangkung, bayam, salad Romaine, Salad Rocket dsb , yang setiap harinya disajikan pada tamu untuk disantap. Dan kita juga bisa membeli tanaman yang mereka tanam untuk dibawa pulang.

img_20160826_075644
pose bersama tanaman di kebun hidroponik, hadeuh

Berbicara soal artistik, ada banyak instalasi seni disana, baik milik seniman Jogja yang sengaja yang memang dipamerkan disana, dan bisa kita miliki, atau sebagai bagian dari dekorasi hotel.

img_20160826_055536
sebagian karya seni yang dipajang disana

Pengalaman Menginap

Menginap di salah satu Kamar Greenhost Hotel merupakan pengalaman yang berbeda , Kamarnya didesain oleh tiga orang designer yaitu Ivan Christianto, Paulus Mintarga, dan juga Eric Dangian. Masing-masing mendesain beberapa macam kamar yang furniture di dalamnya dibuat dari bahan-bahan recycle. Totalnya ada tujuh macam desain kamar

Saya menempati Kamar Rempah karya Paulus Mintarga. Didalamnya terdapat aneka macam furnitur dari barang bekas. Sejujurnya gak nyangka kalau itu barang bekas. Abis bagus sih. Semuanya terbuat dari potongan kayu pinus dan juga potongan bambu.

Gayanya minimalis. Ada TV, Wifi, toiletnya tidak pakai bath tub. Kasurnya empuk, enak buat tidur, beddingnya juga nyaman.

Yang menarik di setiap kamar ada pembatasan energi listrik. Setiap kamar disetel kapasitasnya 6 Amps, dan setiap pemakaian alat listrik di atas 400 watt akan bikin ngajepret, alias mati lampu. Jadi kita diajarkan untuk hidup lebih hemat energi. Boleh juga, karena kita gak perlu-perlu amat energi berlebihan dalam kamar. 

oiya, karena kamarnya sudah didesain sedemikian rupa , dengan luas 20 meter persegi, hotel ini tidak menyediakan extra bed.

Terus terang pengalaman tidur disana nyenyak banget, selain karena  lelah beraktivitas seharian, juga karena nyaman.

 

IMG_20160825_131856.jpg

Breakfast Di Greenhost Hotel

Makan Pagi disini letaknya di Art Kitchen, dengan konsep ruang makan terbuka. Hampir sama secara penyajiannya dengan hotel lain. Buffet . Yang membedakannya adalah, konsepnya yang mengusung ,  farm-to-table dining .  Menyajikan aneka makanan yang diambil dari kebunnya. Kan memang punya kebun hidroponik di atas. Dan emang bener sayurannya seger banget. Kayaknya dipetik pagi itu juga deh. Kriuk-kriuk saking seger sayurnya. Menunya juga cukup komplit dari sosis, telur , anek salad dan aneka makanan tradisional, supaya tetap  terasa nginep di Jogja toh.

Kalau mau makan siang atau makan malam juga bisa di Art Kitchen ini, tinggal pesan sesuai dengan yang di menu.

Mereka juga menyajikan aneka menu vegetarian. Pastinya enak karena bahannya segar, dipanen dari loteng.

IMG_20160826_061757.jpg

Art Kitchen juga menyajikan aneka macam minuman sehat berbahan dasar rempah-rempah yang berguna buat kesehatan.

Kolam Renang Greenhost Hotel

greenhost ariefpokto

Kolam Renang hotel ini terletak di tengah dengan ukuran  5×15 meters dan kedalamannya 1.2 meter. Beroperasi dari jam 6 pagi sampai dengan jam 8 malam. Anak-anak harus diawasi ketika berenang disini. Airnya bersih dan terawat, lumayan sejuk juga berenang pas pagi-pagi.

Sejujurnya ada alasan berenang pagi-pagi. Biar bebas ga diliatin orang, soalnya setiap orang bisa melihat langsung kolam renang ini hehe. Kalau pede mau jam berapa juga santai aja renang disini.

Overall, menginap di Greenhost Hotel itu menyenangkan. Dan menjadi poin plus karena hotelnya Ramah Lingkungan, Pelayanan Bagus, Makanannya Sehat dan buat orang awam seperti Saya, bisa belajar mengapresiasi lingkungan dengan mencoba gaya hidup ramah lingkungan disana. 

Selain itu belajar hidup sehat juga dengan apa yang kita konsumsi karena masih segar baru dipanen.

Juga belajar mengapresiasi seni, karena kita bisa melihat banyak instalasi seni yang dipamerkan disana.

Dan buat para pecinta estetika dan juga ingin mempercantik feed instagramnya, disini adalah tempat yang menyediakan banyak sekali background untuk konten.

Jadi silakan dicoba Menginap Hijau Di Greenhost Hotel ,  saat pergi ke Jogja, pastinya jadi pengalaman yang berbeda, dan siapa tahu bisa dipraktekan terus dalam kehidupan kita.

 

Jl. Prawirotaman II No. 629 Brontokusuman
Yogyakarta – Indonesia 55153
Phone:+62274 389 777
Email : info@greenhosthotel.com
Web : greenhosthotel.com

 

One comment

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.