Hello TemenAip Apa Kabar ? Bagaimana kondisi di masa pandemic seperti ini ? Semua jadi serba tidak mudah ya. Banyak sekali penyesuaian yang harus kita lakukan. Tidak leluasa bepergian, berinteraksi, naik transportasi umum, dsb. Kita harus bisa adaptasi kebiasaan baru. Terutama dalam hal transportasi.

Suatu keadaan yang tidak bisa kita hindari karena seluruh dunia mengalami krisis Covid-19 tanpa kecuali. Membuat orang tidak bisa berkegiatan normal, harus jaga jarak dan juga mengusahakan yang terbaik supaya tidak tertular atau menularkan virus ini.

Virus ini ganas dan cepat sekali penularannya. Tidak mudah menghindarinya apabila kita hidup normal seperti biasa. Itulah kenapa Kita harus melakukan aneka kebiasaan baru yang bisa membuat hidup kita jalan terus dan tetap sehat.

Walaupun terdengar buruk, tapi Saya optimis Kita bisa melalui ini. Bisa banget kok Kita hidup melewati pandemic ini. Kita sudah dibekali informasi, pengetahuan dan yang pasti harus selalu mengikuti protokol kesehatan yang diterbitkan pemerintah.

Covid-19 Telah Mengubah Dunia

Virus ini telah mengubah dunia secara keseluruhan. Bagaimana Kita hidup, menjalani aktivitas sehari-hari sampai dengan bepergian. Begitu banyak hal yang bisa kita lakukan demi keselamatan bersama saat bepergian, terutama saat naik transportasi umum.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tentunya sudah melakukan berbagai upaya supaya Kita bisa bepergian dengan sehat dan aman. Kita sebagai pengguna transportasi sebaiknya mengikuti apa yang diatur demi kebaikan bersama.

Mari Kita lihat video yang saya buat supaya transportasi aman produktif di bawah ini :

Kontrol Diri

Dalam masa seperti ini, Kita tidak bisa mengontrol orang lain, ya kecuali keluarga dekat, tapi usahanya akan cukup  keras. Namun kita bisa mngontrol diri kita masing-masing dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru agar terhindar dari virus di masa pendemi seperti ini, terutama saat bepergian.

Selalu Pakai Masker

Karena penyebaran Covid19 melalui droplet, berbicara saja bisa berbahaya apabila tidak ada pelindung. Oleh karena itu seharusnya Kita pakai masker untuk melindungi diri dan juga orang lain. Karena Kita tidak pernah tahu siapa yang sudah tertular atau belum karena banyak juga orang yang tidak memiliki gejala, OTG (Orang Tanpa Gejala).

Pakailah masker di transportasi umum , jangan males ya. Kalau bisa beli beberapa buah untuk cadangan. Sekarang kan ada aneka macam masker tuh, tinggal pilih aja yang terbaik.

Punya Tas Peralatan Khusus

Nah Tas ini yang akan menjadi salah satu kunci penting saat bepergian , terutama saat menumpangi transportasi umum. Di dalam tas ini sudah siap sedia hand sanitizer, sabun, masker beberapa buah, pakaian ganti,  

Terapkan Social Distancing

Jaga jarak adalah salah satu cara efektif menghindari Covid19 , itulah mengapa diadakan lockdown di berbagai negara, PSPB, dll. Kalau jaraknya cukup jauh, virus tidak bisa menulari.

Selalu Cuci Tangan & Hindari menyentuh Muka

Ketika selesai beraktivitas , selalulah mencuci tangan, karena mencuci tangan dengan baik dan benar terbukti mematikan covid-19. Hindari menyentuh wajah, karena virus bisa masuk lewat saluran pernafasan dan juga mata.

Ganti Pakaian Dan Mandi Setelah Bepergian

Terus terang langkah ini lumaya merepotkan, tapi karena efektif menghindarkan diri dari Covid19 mau tidak mau harus dilakukan. Segera cuci tangan, lepaskan pakaian, masukan dalam cucian, dan bersihkan badan dengan mandi menggunakan sabun. Jangan duduk dahulu, tapi langsung ke kamar mandi. Sebuah kebiasaan baru yang pastinya bisa dilakukan supaya aman.  

Tidak Mengobrol Dalam Kendaraan Umum

Dulu saat taveling dengan teman-teman ,mngobrol menjadi salah satu hiburan. Tapi karena penyebaran covid melalui droplet, otomatis bisa dikurangi saat Kita tidak berbicara di dalam Kendaraan umum. Bicara seperlunya dan tetaplah menggunakan masker ya.

Perhatikan Kondisi Terbaru

Masih banyak kebiasaan baru yang bisa kita lakukan ketika bepergian. Karena Kita tidak bisa lagi menumpang transportasi umum seperti dulu, sekarang Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai cara untuk melaksanakan penyelenggaraan transportasi umum, salah satunya adalah pembatasan penumpang kendaraan umum seperti di bawah :

apabila Kita harus menumpang pesawat udara , ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi seperti dalam grafik di bawah ini

Begitupula dengan moda transportasi lainnya, banyak sekali yang sudah berubah operasionalnya. Jauh berbeda dibanding zaman dahulu sebelum virus menyerang.

Begitu banyak hal yang bisa kita adaptasi di atas transportasi umum, begitu pula di terminal dan juga di bandara seperti di bawah ini.

Begitu pula saat Kita di stasiun , ikuti aturannya

Harapan Saya Covid-19 segera enyah dari muka bumi, tapi Kita juga harus realistis dengan kondisi yang ada. Yang terbaik adalah dengan cara Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru dalam hidup Kita , terutama saat menumpang transportasi ketika traveling.

Dengan menerapkan kebiasaan baru tersebut, Kita akan terbiasa melakukannya, dan bisa beraktivitas dengan aman dan lancar. Tapi Kita harus melakukannya secara konsisten bersama-sama sebagai anggota masyarakat, suapaya bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Melakukannya dengan penuh kesadaran , untuk keselamatan bersama.

Semoga Kita bisa segera bisa Traveling dengan bebas tanpa khawatir akan virus lagi. Stay Safe And Healhy ya.

25 comments

  1. Duh, belum berani pergi2 dulu nih. Apalagi pake kendaraan umum. Yaaah, padahal dulu sering banget naik kendaraan umum. Semoga pandemi segera berlalu. Terimakasih tipsnya

  2. Sekarang mau traveling bawaannya juga lumayan banyak ya kang. Penting banget memperhatikan protokol kesehatan. Aku keluar bentar saja bawa banyak perlengkapan.

  3. Sedikit lebih effort namun demi kebaikan bersama memang sebaiknya dilakukan ya. Terlebih di masa new normal seperti saat ini yang sudah semakin banyak yg kembali ke aktivitas biasanya.

  4. Kang Aip, buatku yang sekarang ambruk sekali saat pandemi, menyediakan berbagai pritilan seperti tissue basah dll itu kebilang mahal. Jadi aku lebih menggunakan fasilitas cuci tangan saja di tempat umum. Walaupun itu nggak aman. Semoga saja perekonomian segera berjalan baik.

  5. Tidak mengobrol ini bener banget. The sedikit yang aware. Even pakai masker sekalipun, sebisa mungkin dihindari.

    Btw jadi kepikiran punya face shield XD

  6. Aamiin. Saya sepakat bahwa kenormalan baru akan menciptakan kebiasaan baru dalam travelling. Mungkin beberapa aturan akan menimbulkan ketidaknyamanan diawal tetapi yang perlu diingat bahwa kita semua sama2 berjuang untuk pencegahan Covid ini. Semoga memang dunia kembali normal.

  7. Sampai hari ini kami belum bepergian, tapi sudah mencoba naik KRL sekali bersama anak-anak. Kami sengaja ambil jam longgar sekitar jam 10-an. Alhamdulillah, sepi, bersih dan aman. Gak ada yg ngobrol, gak ada sentuhan. Anak-anak juga nurut gak megang apapun. Masker, face shield pakek semua. Sabun, hand sanitizer dan tissue basah plus kering siap di tas. Meskipun belum berencana jalan-jalan lagi, tapi lumayanlah buat pemanasan. Rencana akhir tahun nanti baru mau beneran traveling. Semoga saat itu kondisi sudah jauh lebih aman. AMiin

  8. Kayaknya kebiasaan baru ini masih sulit kuterapkan karena masih ada anak kecil. Makanya sekarang ngalah dulu belum traveling deh dan berdoa semoga covid cepat berlalu.

  9. udah kangen banget travelling sebenrnyaa, tapi belum berani kalo keluar kota nih, baru berani ke coffee shop deket rumah doank pergi pergi pun hihihi, masih was was , semoga kondisi ini bisa segera ber akhir yaaa

  10. Banyak ragam tatanan kehidupan yang diubaj oleh makhluk super kecil bernama virus corona itu. Mau tidak mau kita harus beradaptasi ya, membiasakan diri dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

  11. Menurutku hikmah dari pandemic ini salah satunya orang jadi bisa antri dengan baik, saat mau naik kendaraan umum lebih peduli kesehatan, dan lebih mengurangi ngoceh, sebab diam lebih aman dari pada bicara (menghindari droplet)..semoga setelah covid berlalu pun tetap kita bisa menjaga kebersihan diri ya

  12. Kang Aip nuhun informatif banget ini ulasannya. Gimana pun juga saat kita harus ke luar ya memang harus ya apa lagi jika ada keperluan urgent atau kerja. Dan semua protokol kesehatan yang dijabarkan di artikel ini benar adanya. Saya pun jadi mau siapkan tak khusus bawaan cadangan saat ke luar dan gak ketinggalan tisu basah, sabun di botol kecil dan masker kain cadangan 🙂
    Nuhun artikel informatifnya Kang.

  13. Masih belum berani bepergian nih, cuma berani sebatas keluar rumah hanya nenerapa meter saja, itu pun dengan serangkaian protokol yang cukup melelahkan dan sudahnya pasti suka berpikir keras apakah tadi aman gak ya? Pokoknya lahir cape lahir batin makanya aku milih tetap di rumah aja dulu.

  14. Aamiin mas semiga disegerakan bisa travelling lg aku pun rindu travelling nih mas. Anw kemaren aku naik comline bareng temen ku, terus kita ngobrol nya jd lewat wa padahal depan depanan hehe. Kebiasaan baru di new normal yang entah sampai kapan dilakukan 😉

  15. Pengennya sih semua kompak dan sadar dengan protokol kesehatan. Karena selama vaksin belum ditemukan, protokol kesehatan menjadi hal yang penting banget. Tetapi, kalau masih banyak yang abai, setidaknya kita tidak menjadi salah satu di antaranya

  16. Jujur saya sudah rindu sekali dengan jalan2. Terus saya jadi mikir, sungguh ribet sekali saat Ingin traveling di new normal ini khususnya klo mau ke luar negeri . Tapi kalo kita abai sama semua anjuran yg sudah diberi tahu juga sangat berisiko terkena ya.

  17. kayaknya cuma aku doang yang masih belum berpergian jauh. keluar rumah aja udh pake perlengkapan lengkap masker sarung tangan dkk. padahal kaki udh gatel bgt melaju dan melangkah dengan manjahhh jauh jauh

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.