Hello TemenAip ! Apa Kabar ! Yang ngikutin Instagram Saya pasti tau deh keseruan Saya menonton Jakarta E-Prix 2022. Sebuah pengalaman menarik dan menyenangkan, mengikuti serunya Menonton Balapan Jakarta E-Prix di Ancol pada 4 Juni 2022 di Jakarta International Circuit Ancol. Fun banget!

Walaupun bukan penggemar fanatik olahraga balap, tapi Saya selalu berusaha up to date dengan event-event olahraga di Indonesia apalagi yang tingkatnya internasional.

Pastinya jadi pengalaman perdana menonton balapan Formula E karena baru pertama diadakan di Indonesia. Kebayang sih kayak di TV ya, heboh banget pastinya. Tapi sebelum membahas balapannya di Jakarta E-Prix, Kita bahas dulu ada apa di E-Village -nya.

Allianz E-Village

Di event yang diselenggarakan oleh Jakpro ini ada Allianz E-Village area para penonton sebelum penonton masuk ke tempat menonton. Ada Area UMKM, Fan Store, Charging Station, Gaming Station, Hydration Station, Mushalla, Toilet umum dan ada juga area Girls OnTrack.

Masuk ke E-Village auto berasa di sebuah perhelatan balap internasional yang meriah. Dominan biru muda mewarnai area itu. Foto-foto para pembalap dipajang di berurutan supaya Kita bisa foto bareng.

Karena berlokasi di pinggir Ancol Beach City, otomatis kita juga bisa melihat pemandangan pantai pasir putih yang indah.

Bazaar UMKM

Kalau mau mengisi perut Kita bisa mengunjungi berbagai UMKM yang membuka bisnisnya disana, mulai dari Bakso goreng, Pizza, Hotdog, Nasi Ayam, Jeruk Peras Segar, aneka kopi dan banyak lagi. Yang bikin kagum antrian penonton belanja cukup tertib.

Charging Station

Kita juga bisa mengisi daya Handphone atau gadget lain karena ada Charging Station sekaligus tempat istirahat leyeh-leyeh, ada tempat duduk dengan bean bag aneka warna buat duduk menunggu handphone kita dicas di kotak plastik dengan kunci masing-masing supaya aman.

Fan Store

Bagi pecinta souvenir ada aneka macam barang menarik di Fan Store, mulai dari kaus, jaket, topi,kemeja dengan logo Jakarta E-Prix. Sempet lapar mata melihat aneka merchandise yang keren-keren. Seru juga melihat orang belanjanya pada banyak banget.

Gaming Station

Kalau mau mencicipi Jakarta International Circuit, bisa mampir ke Gaming Station, dimana Kita bisa mencoba langsung mobil Formula E dengan spek yang sama dengan pembalap menjajal langsung pengalaman balapan seru disana di layer virtual. Fun Banget!

Lega banget melihat banyak tempat sampah yang memisahkan jenis sampahnya, karena event Jakpro ini berusaha lebih ramah lingkungan. Para petugas kebersihan juga sigap membersihkan apabila ada sampah.

Hydration Station

Senangnya, Kita juga bisa mengisi air minum sendiri di Hydration Station. Kalau tidak bawa tumbler disediakan gelas yang terbuat dari plastic yang compostable alias bisa jadi pupuk. Menarik sekali konsepnya. Airnya pun selalu diisi ulang oleh panitia!

Panitia juga menyediakan mushalla laki-laki dan perempuan yang bersih lengkap dengan tempat wudhunya di beberapa lokasi, jadi ibadah bisa jalan terus walaupun nonton balapan.

Toilet umumnya juga banyak dan bersih, tersebar di beberapa area. Pengalaman Saya ke toilet aman karena ada air dan bisa ngeflush hahaha.

Serunya Balapan

Saya mendapatkan tiket Grand Stand 2 D, menuju lokasinya Saya tidak kesulitan, karena arahannya sudah jelas, banyak petugas yang menolong juga kalau kesasar. Tertib banget, yang boleh hanya pemegang tiket Grand Stand. Selain itu dilarang, soalnya kapasitasnya terbatas kan sesuai jumlah tiket terjual.

Area Grand Stand ini juga rapi dan bersih, ada petugas kebersihan yang selalu memastikan kebersihan area ini. Penonton juga cukup sadar memberikan sampah mereka kepada petugas kebersihan.

Saya sengaja duduk paling atas supaya bisa melihat lintasan dengan cukup jelas. Datang lebih awal supaya bisa nonton kualifikasinya.

Kualifikasi dibagi dua grup untuk memperebutkan peringkat klasemen sementara. Selama 15 menit mereka bertarung menjadi yang tercepat.

Setelah babak kualifikasi selesai, dilanjutkan dengan Duel Kualifikasi antara para pemenang kualifikasi. Ini seru banget sih, masing-masing pembalap unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik. Tidak hanya adu cepat, mereka juga adu strategi.  Akhirnya pembalap Jean-Eric Vergne dari DS Techeetah menggungguli lawannya dan merebut pole position atau start pertama di Jakarta E-Prix 2022 kali ini

Yang menarik adalah bunyi balapan ini tidak bising. Karena pakai mesin listrik ya, padahal Saya udah bekal earplug dari rumah takut kebisingan.

Pada pukul 3 sore balapan pun dimulai. Sebelumnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dulu, para penonton ikut bernyanyi bersama. Rasanya bangga banget ada disana ! Indonesia bisa bikin ajang sekeren ini !

para pembalap berbaris dengan rapi di poin Start. Situasi di tempat Saya menonton pun makin semangat dan semua memberikan dukungan pada jagoan masing-masing. Vergne memulai start perdana. Dan Balapanpun dimulai !

Semua mengeluarkan kemampuan balap, teknik dan strategi masing-masing. Berulang kali mobil balap aneka warna dari berbagai team melewati GrandS Stand 2 D. Penonton pun setia bertepuk tangan.

Tak perduli dengan suhu panas lintasan sampai 40 an derajat, para pembalap melakukan aneka manuver untuk membuat mereka menjadi yang tercepat. Apalagi ada fasilitas Attack Mode yang harus digunakan secara bijak untuk keuntungan mereka.

Akhirnya Pembalap Jaguar TCS Racing, Mitch Evans, menjadi pemenang pertama dari Jakarta E-Prix. Jean-Eric Vergne menjadi juara kedua dan Edoardo Mortara menjadi juara ketiga.

Konser Gratis

Di antara waktu Balapan Kita juga bisa menonton pertunjukan musik yang keren di berbagai panggung yang disebar di beberapa area. Pengisi acaranya juga keren-keren seperti Gigi, Kotak, Wali dan banyak lagi. Saya sempat menonton Arman Maulana CS menghibur para penonton di panggung utama. Keren banget, semua ikutan bernyanyi mengikuti aksi panggung Arman yang enerjik. Seneng banget bonus nonton Jakarta E-prix yang asik banget, nonton konser sambil karaoke berjamaah.

Overall penyelenggaraanya baik sekali, Indonesia kini makin banyak portofolio event kelas internasional yang membanggakan. Salut buat Jakpro yang sukses menyelenggarakan event sekeren ini. Semoga tahun depan ada lagi, pastinya mau nonton lagi.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.