Hello TemenAip! Apa Kabar. Kali ini mau sharing perjalanan Aiptrip ke Candi Borobudur buat liputan G20 Kebudayaan bersama Indonesiana TV dan beberapa influencer.

G20 Kebudayaan

Di area Candi Borobudur akan diadakan Cultural Minister Meeting G20. Dimana diadakan rapat bersama para Menteri Kebudayaan dari negara-negara anggota G20.

Berbeda dengan event G20 lainnya, G20 Kebudayaan mengadakan rangkaian acara yang melibatkan masyarakat langsung.

Ada rame-ramenya gitu. Terutama buat warga sekitar Candi Borobudur. Jadi lebih meriah dibanding acara G20 lainnya.

Festival Indonesia Bertutur

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan Festival Indonesia Bertutur. Dalam Festival ini ada berbagai macam persembahan seni. Mulai dari penampilan musisi, penari, aktor di berbagai panggung. Ada juga instalasi seni di sekitar area Candi Borobudur dan juga pameran berbagai karya di beberapa museum seni dan atau rumah seni yang ada di sekitar Candi Borobudur.

Festival Indonesia Bertutur berlangsung pada 7-11 September 2022 di Kawasan Candi Borobudur.

Festival Indonesia Bertutur resmi dibuka oleh Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek didampingi Ahmad Mahendra, Direktur PMM,Direktur Festival, Taba Sanchabakhtiar dan
Melati Suryodarmo, Direktur Artistik

Senang sekali bisa hadir di Pembukaan Indonesia Bertutur. Meriah sekali acaranya lho.

Para seniman diberikan kesempatan untuk memamerkan karya mereka dalam rangkaian acara.

Senimannya tidak hanya datang dari berbagai penjuru Indonesia, tapi juga dari berbagai negara G20.

Banyak sekali karya menakjubkan yang ditampilkan di berbagai ekshibisi di berbagai lokasi di sekitar Candi Borobudur.

Kinaramaya , Festival Cahaya !

Festival Indonesia Bertutur menghadirkan aneka macam instalasi seni yang menggunakan media cahaya.

Selain indah dan menggugah , Kita juga bisa berinteraksi dan bermain cahaya.

Takkan lupa bermain cahaya di Kinaramaya !

Visaraloka di Eloprogo Art House.



Sebuah pengalaman yang membuka wawasan seni di tempat yang ngebetahin banget. Berlokasi di pinggir sungai Elo dan Progo dengan fasilitas galery, resto, penginapan dan lapangan terbuka, suasana disini nyaman banget. Jadi lebih bisa menyerap energi alam yang baik sambil menikmati karya seni.

Di @eloprogo , Kami menikmati sajian karya para seniman yang merupakan bagian dari Visaraloka @indonesiabertutur



Ada @orcyworld dengan Aksara Rasa : Ruh Kala

@tromarama dengan Madakaripura

@sonyelprogo dengan Ekaristi

@krazykosmickid dengan The Epoch of Mapalucene

Khvay Samnang dengan Popil

Selain itu dalam Visaraloka ada pula Museum lain yang berpartisipasi seperti Limanjawi Art house, Museum H Widayat, Apel Watoe.

G20 Orchestra

Sebuah pagelaran musik luar biasa.
Harmoni permainan musik dari musisi negara G20. Dikonduktori Eunice Tong dengan supervisi dari Ananda Sukarlan, pianis terkemuka Indonesia.

Lokasinya Istimewa di Panggung Aksobya kawasan Candi Borobudur yang menjadi latar orkestra dengan keindahan video Mappingnya.

Dimainkan oleh musisi berumur 30 tahun ke bawah yang komposisi gender nya merata antara laki-laki & perempuan. Ada juga yang disabilitas.

Sebuah konser yang tidak hanya indah didengar tapi indah juga dihayati keberadaanya

Kirab Budaya G20 !



Rangkaian acara kirab budaya, karnaval menuju Cultural Minister Meeting G20 , dimana 20 Desa di sekitar Candi Borobudur mengikuti Kirab Budaya.

Masing-masing desa membawakan satu dari 20 hewan yang ada di relief Candi Borobudur dengan semua filosofinya.


Sebelum mulai dilakukan doa bersama lintas agama yang mendoakan keselamatan dan kemakmuran bersama umat manusia di dunia. Lalu terdengar bunyi talu rampak kendang dari komposisi pitutur leluhur dari nenek moyang nusantara. 20 desa kemudian diberkati oleh para pemuka lintas agama & kepercayaan.


Bergerak 1,4 KM dari Candi Pawon ke Candi Borobudur, Kirab Budaya ini diikuti 2000 peserta yang sigap membawa instalasi Hewan lengkap dengan Koreografi dan kostum yang memukau.

Setibanya di area Borobudur diadakan Rapat Raksasa membahas perlindungan & keberlangsungan hidup berbasis kearifan lokal untuk pengembangan & pemajuan kawasan Borobudur.

Hasilnya akan dibacakan di CMM G20.

Selesai Rapat Raksasa, makanan yang tadi diarak saat Kirab tadi dibagikan bagi masyarakat termasuk Aku. Ini disebut Kembul Bujana Andrawina

Ruwatan Bumi G20

Bersama Hudoq yang tampil malam itu

Terharu sekali bisa hadir dalam acara yang memenuhkan hati.

Berkumpulnya 4 Pemimpin Adat , perwakilan Desa Budaya se-Indonesia , puluhan pelantun Nusantara & juga dari beberapa Negara G20 yang terpilih, musisi dan penari , koreografer, stage stylist, dan masyarakat setempat.

Bersama-sama satu tujuan , melantunkan doa dan harapan , untuk kesadaran bersama untuk mencintai, melindungi, dan hidup untuk merawat bumi.

Dikemas dalam balutan visual dengan tata panggung , lighting , musik yang mumpuni membuat terharu & ikut mengamini semua doa baik yang dilantunkan.

Ruwatan Bumi menjadi penutup rangkaian acara G20 Cultural Minister Meeting di kawasan Candi Borobudur tahun ini.

Bangga sekali menyaksikan rangkaian acara disana. Indonesia kaya akan budaya dan tradisi baik yang harus terus dilestarikan. Kali ini dipertunjukkan pada dunia betapa indahnya budaya Indonesia

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.