Hello TemenAip apa kabar? Menyenangkan kembali setelah sekian lama bisa Kembali ke sebuah tempat yang membuat hati gembira. Apalagi kalau banyak hal baru yang membuat tempat tersebut menjadi lebih baik dan menarik. Seperti halnya dalam tulisan ini. Kembali Ke The Lodge Maribaya.

ariefpokto The Lodge maribaya

The Lodge Maribaya

Kembali ke The Lodge Maribaya pastinya membuka kunci kenangan. Tentang hijaunya pepohonan pinus yang menenangkan, udara segar kemanapun Saya pergi,  sebuah Café tempat Saya dulu minum jus segar, dan perasaan menenangkan dimana Saya bisa lebih dekat dengan alam.

Bertahun lamanya Saya tidak mampir kesana. Akhirnya pada bulan Desember 2022 ini Saya bisa berkunjung lagi ke The Lodge Maribaya yang sekarang semakin berkembang, terutama setelah industri pariwisata menurun karena pandemi.

FYI The Lodge Maribaya terbagi 2 area Wisata : The Lodge Woodland dan Resort : The Lodge Camp & Village. Selama ini Saya baru sampai area Woodland dimana banyak atraksi dan permainan yang menarik. Kali Saya ini berkesempatan juga berkunjung dan menginap di The Lodge Camp & Village.

Selama bermain di The Lodge Woodland ada banyak permainan seru yang bisa Kita mainkan. Soal safety, jangan takut ya, karena keamanan tiap wahana diperhatikan betul. Ikuti arahan petugas, dan jangan khawatir soal dokumentasi karena ada petugas foto yang siap mengabadikan.

Beberapa wahana yang Saya naiki diantaranya adalah :

Mountain Swing, dimana Saya bermain ayunan diatas ketinggian dengan pemandangan hutan pinus hijau yang luas. Deg-degan juga pas naik. Tapi seru juga pas naik karena melihat pemandangan menakjubkan Hutan Pinus.

Selain itu ada Sky Tree Wahana pelopor, yang pertama kali ada di The Lodge Maribaya. Yang pertama kali jadi viral. Dimana Kita menaiki platform di pohon pengunjung dapat menikmati pemandangan indah khas pegunungan hutan pinus. Lalu ada Bamboo Sky dimana Kita bisa Foto cantik di menara bambu yang khas The Lodge banget. Lalu ada Sky Plane dimana Kita Terbang di udara menumpang pesawat kecil sambil diterpa angin dari hutan pinus

Lalu ada juga Star Frame: Berfoto dengan pemandangan langit dan hutan pinus yang terbentang.

Hot Air Balloon Seperti Di Capadoccia

ariefpokto balalon udara cappadoccia

Salah satu atraksi baru di The Lodge Maribaya adalah Hot Air Balloon yang mirip seperti di Capadoccia, Turki. “It’s My Dream Mas” sebuah kalimat yang viral diucapkan Putri Marino yang berperan di dalam salah satu webseries, saat mengetahui suaminya mengajak perempuan lain ke Capadoccia. Menaiki balon udara warna-warni di atas langit biru dengan latar belakang Hutan Pinus The Lodge Maribaya yang ikonik itu.

Selain satu balon udara yang sudah beroperasi, ada penambahan balon udara yang baru “A new Cappadocia experience at the pine forest” , wahana terbaru yang launching libur akhir tahun ini. Kita bisa menaiki wahana baru ini. Balonnya bergerak maju 30 meter dan dikelilingi oleh balon-balon terbang ala Cappadocia , kota yang terkenal akan balon terbang di Turki. Seru banget kan !

Selain menaiki wahana Kita bisa  menikmati pemandangan di area duduk yang sudah tersedia dengan gratis , selain itu pengunjung dapat menikmati suasana alam yang asri di Healing Garden area yang berada di bawah omah bamboo resto. Ada beberapa spot area yang dapat dikunjungi seperti Eagle Watch : spot area untuk melihat Elang Jawa yang terbang berkeliling hutan, Bamboo Tree : area pepohonan bambu yang mempunyai banyak kegunaan untuk manusia.

kuliner The Lodge Ariefpokto

Yang suka kulineran ada beberapa Area F&B yang tersebar di beberapa tempat yaitu .

1. Omah Bamboo, Restoran bernuansa kayu dengan menu Sunda yang enak

2. Food tenant dekat Balloon yang menjual aneka macam snack

3. Sunset Bar (baru akan dibuka , menjuak makanan minuman modern yang menarik)

4. The Pines Cafe (cafe yang berada di area The Lodge Camp Village, bisa dikunjungi dinikmati baik oleh tamu menginap dan tamu regular harian yang tutup pukul 17.00. Disini Saya menikmati Juice segar olahan buah dan sayuran dari sekitar sini. Ada dinner package/ movie night yang buka sampai jam 21.00

Moonlight Dinner Maribaya Ariefpokto

Yang istimewa disini ada terdapat paket Moonlight Dinner, pengalaman makan malam dengan instalasi seni Bulan yang terpasang sehingga Kita bisa menikmati pengalaman makan yang unik , menarik dan bisa berfoto seru dengan latar belakang bulan buatan. Beneran keren seperti di film deh.

Menginap Dan Harga Penginapan The Lodge Camp & Village.

Ada beberapa pilihan saat Kita mau menginap di The Lodge Camp and Village.

Fun Camp yaitu tenda permanen berbentuk bawang orange, dimana Kita bisa menikmati sensasi menginap di tenda tapi ga perlu takut becek atau susah ke kamar mandi karena semuanya dibuat senyaman tanpa mengurangi kedekatan dengan alam. Bangun pagi Kita akan disambut kabut dan sejuknya udara Lembang dan pemandangan Hutan Pinus hijau yang rapat. Cocok sekali untuk aktivitas Bersama teman atau keluarga. Disana ada 14 tenda dengan harga sewa  Rp.1.000.000

ariefpokto menginap di the lodge

Rumah Pohon Nah kalau maunya menginap di kamar yang unik , Kita bisa memilih Rumah Pohon yang ada sebanyak 3 unit dengan harga Rp.3.000.000. Unik banget bisa menginap di Rumah Pohon yang cantik dan menarik. Perlengkapannya lengkap dan nyaman sekali.

Villa Joglo adalah piihan untuk ada menginap dengan nuansa rumah adat Jawa yang lebih luas. Disana ada 2 unit dengan harga Rp.1.200.000

Kalau menginap disana mendapat fasilitas diantaranya Breakfast untuk 2 orang di The Pines Cafe, Free refill minum mineral water, coffee & tea, tiket kawasan wisata The Lodge Woodland, Api unggun dan movie night tergantung jadwal yang diberikan Front Office, trekking activities dengan additional charge termasuk guide, mineral water dan sepatu tongkat trekking.

Jadwal trekking bisa setiap hari tapi harus booking terlebih dahulu.  Ada pilihan jalur Hutan Pinus The Lodge short dan long trekking. Untuk short trekking bisa untuk family dengan anak kecil. Jalur trekking ke Curug Cibodas , perjalanan pulang pergi 4 jam dengan sebelumnya menaiki mobil pick up melewati kebun warga terletak di desa sebelah bernama Sunten Jaya. Biaya Rp.175.000 / orang. Kita diperlengkapi dengan Sepatu boots dan juga air mineral.

Ke depannya di tahun 2023 akan ada infinity pool dan perluasan area resort beserta jumlah penginapannya. Wah jadi makin penasaran nantinya ya! Bakal balik lagi buat melihat yang baru

Fairy Garden Menyala, Tempat Wisata Keluarga Dan Pertunjukan Wisara Pertunjukan Wisata Video Mapping Di Malam Hari

Ada yang baru di The Lodge Maribaya yaitu Fairy Garden Menyala. Lokasinya berada di seberang jalan The Lodge Maribaya. Dari jalan bisa kelihatan bentuknya sebagai sebuah Kastil Medieval yang megah.

Apaan sih itu? Fairy Garden Menyala adalah konsep pertunjukan wisata malam bandung dengan video mapping di kastil pertama di Indonesia. Dihadirkan berada dalam 2 area yaitu Kastil Rona Flora (disingkat KARA) berada di lantai 2 kastil berupa art instalation dan Kastil Menyala (disingkat KALA), video mapping dengan background kastil tampak luar dan pertunjukan peri dan menari bersama. 

Selain itu juga pengunjung dapat menikmati instalasi seni berupa bulan besar dan berbagai instalasi lainnya yang menarik untuk foto-foto. 

Buat para pecinta Dunia Dongeng pasti suka banget sama Fairy Garden menyala ini, karena secara konsep beneran detail dan menarik. Detail Kastilnya bagus banget, beneran mirip seperti di zaman pertengahan di Eropa.

Saat Kita datang langsung disambut para peri dengan kostum yang keren sesuai dengan perannya. Disini ada Raya Kitchen Restaurant. Jadi jangan takut kelaparan karena mereka menyediakan aneka makanan dengan harga terjangkau.

Di lantai pertama ini ada penyewaan kostum untuk anak dan dewasa, biar maksimal foto-fotonya. Biayanya juga murah saja mulai Rp. 25.000. Ada kostum Gypsy, Magic Mirror, orang Belanda, Sayap Peri anak dll. Lalu ada Area Magic Book Puppet Show yang terletak di depan penyewaan kostum.

Disini juga ada area Face and hand painting. Dimana catnya akan menyala terang di bawah sinar ultraviolet. Kayak di film Avatar itu lho. Akan makin seru dibawa ke lantai dua, KARA yang banyak instalasi dengan sinar ultravioletnya. Kita seperti masuk ke dunia peri yang penuh dengan warna dan cahaya. Instalasi seninya keren dan cukup detail. Anak-anak pasti suka sih.

Ada banyak permainan seru di area Plaza Dalam seperti Carousel, Mini Train, Scooter. Kalau di area Woodland ada Wahana ATV mini, Carousell, Trampoline, Archery , Fun Bike, Feeding Bird, dan Tangkap Ikan.

Malamnya Kita bisa menonton di area Plaza Dalam ke arah Kastil karena ada pertunjukan Video Mapping yang keren sekali. Berlangsung setiap weekend. Dan menyambut Tahun Baru 2023 ini akan ada pertunjukan spesial di Malam Tahun Baru. Pertunjukannya memadukan Video Mapping, Pertunjukan Musik dan juga akting para peri dengan tarian dan nyanyian.

Facts Fairy Garden

Jadwal Buka :

Fairy Garden: Buka setiap hari jam 09.00 – 17.00

Fairy Garden Menyala: Jumat – Minggu 17:00 – 20:00

Jadwal show KALA jam 18:20 (20 menit)

2. Lantai 2 KARA: Art Installations

– Harga tiket 25rb (add on jika tidak beli tiket kawasan / FGM)

– Face & Hand Painting 15rb, setiap hari ada

– Area foto spot, dan taman bunga di balkoni

3. Plaza Dalam (taman bunga)

– Area taman bunga dan show reguler peri (11.00, 13.00, 14.30, 16.00)

– Area pembelian tiket wahana (depan Carousel, sebelah kanan)

– didalam area ada wahana Carousel, Mini Train, Scooter (Jumat – Minggu), Feeding Rabbit

– Area Gypsy Village, area santai dan foto foto

4. Woodland (sebelah kanan dari arah kedatangan)

– sebelah kiri Lorong Ghuryang (GURIYANG), sebelah kanan area woodland milik para peri hutan

– Didalam area ada Wahana ATV mini (50rb), Carousell, Trampoline, Archery (bekas area gypsy lama), Fun Bike, Feeding Bird, Tangkap Ikan

– Kids Corner: ayunan perosotan FREE

– Ada Musholla, Toilet, P3K room

– Area santai Joglo

6. Area Taman Bunga Matahari (dibelakang)

– Bunga Matahari mekar setiap 3 bulan sekali, mekar selama 3 bulan

– area gratis

– foto Corner

-Harga tiket :

Rp. 35.000

Fairy Garden tempat wisata & Rona Flora Lt 2 (disingkat KARA) 09.00 – 17.00 – Harga Tiket Rp. 50.000

Fairy Garden Menyala, tiket masuk Rona Flora Lt 2 (disingkat KARA) dan Kastil Menyala (KALA) tanpa makan jam 16.00 – 20.00. Harga weekend Rp. 60.000 include voucher makan Rp.10.000

Fairy Garden Menyala tiket masuk Rona Flora Lt 2 (disingkat KARA) dan Kastil Menyala (KALA)  & paket makan malam jam 16.00 – 20.00 – Harga Paket Rp Rp. 100.000

Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar The Lodge Maribaya

Menurut Ibu Heni Smith, Hutan Pinus di depan The Lodge Maribaya tadinya adalah hutan produksi. Lalu berubah menjadi Hutan Lindung. Ini adalah sebuah keuntungan dimana hutan pinus ini akan terus lestari tanpa bisa diganggu. Dan salah satu tujuan beliau untuk menjaga hutan tersebut agar bisa selalu alami. Pemanfaatannya dalam bidang wisata yaitu menjadi jalur trekking yang bisa dilalui para wisatawan.

Saya berkesempatan mengikuti Trekking singkat menyusuri area pertanian, menyusuri sungai dan memasuki Hutan Pinus. Segar sekali rasanya. Masuk ke hutan homogen berisi Pinus yang rata-rata tingginya belasan meter. Menatap ke langit biru dengan frame pepohonan pinus indah banget lho. Rutenya cukup asik. Naik turun lembah dan bukit.

ariefpokto trekking The Lodge Maribaya

Salah satu yang menarik lagi adalah The Lodge Maribaya memberdayakan masyarakat sekitar. Ratusan tenaga kerja yang bekerja di The Lodge Maribaya Group 90 persen berasal dari desa sekitar. Tidak hanya bekerja, mereka juga mendapatkan training untuk memberikan service terbaik kepada wisatawan. Ada yang bekerja mengurus lanskap, bekerja di café, sampai Latihan menjadi juru foto dan menjadi pemain di Fairy Garden.

The Lodge Maribaya menjadi destinasi wisata yang mendekatkan diri ke alam yang menarik di Jawa Barat. Banyak sekali yang ditawarkan mulai dari pemandangan alam yang indah, menginap dengan pengalaman berbeda, aneka wahana sampai dengan persembahan wisata pertunjukan Fairy Garden yang menarik konsepnya. Wisata keluarga yang bisa menyenangkan

9 comments

  1. wishlist bisa ke Bandung dan mengunjungi Lodge Maribaya, pengen banget dari dulu tapi belum kesampaian hahaha
    ternyata ada banyak juga area permainan atau wahananya ya

  2. Pertama kali ke Maribaya sekitar 2015 lalu, emang asik bener main-main di Maribaya, selain wahana yang keren-keren, pemandangan yang indah, dulu penginapannya bentuknya cuma pake tenda-tenda, sekarang udah keren lagi ya , dan area nya lebih luas lagi. Jadi pengen kembali ke Maribaya buat habiskan liburan taun baruan

  3. Aku ke The Lodge Maribaya uda lama banget kayaknya ya..
    Huhu…sekarang banyak banget yang bisa di explore… bisa nginep ala glamping juga ya..
    Nyaman banget karena bakalan jadi pengalaman seru menginap di Rumah Pohon atau Villa Joglo.

  4. Sudah lama pengen cobain menginap di sini lokasinya cantik ya dan fasilitasnya lengkap, nanti kalau cuacanya cerah dan nggak hujan lagi pengen staycation di sana

  5. Ish Kak Aif ngiler banget deh pengen liburan ke sana, pagi-pagi belum sarapan lihat es krim sama nasinya auto ngiler lah pengen cobain. Kebetulan banget saya belum ke Maribaya ini, jadi pengen cobain deh. Temen banyak yang cerita juga pada liburan ke sana katanya cozy banget tempatnya

  6. Keren banget sih. Legend banget ya balon udara Capadocia itu. Gegara webseries nya Putri Morino.
    Seenggaknya kalau kita ke sini bisa menikmati sensasi Capadocia tanpa perlu jauh-jauh.
    Harusnya putri Morino ke sini dulu sebelum main web series. Hehehe

  7. Ya ampuuuuuuuun maribaya jadi cantik bangetttttt . Aku trakhir kesana kalo ga salah 2018 mas. Skr JD makin banyak wahananya yaaaa

    Langsung suka pas liat Moonlight dinner. Kebayang sih makan sambil lihat bulan begitu . Kereeen

    Rumah pohonnya juga asyiik, pengen ajakin anak2 deh stay di sana. Tp hrgnya lumejeen yaaaa .

  8. The Lodge Maribaya beneran tempat liburan yang menyenangkan banget. Melepas lelah bareng keluarga juga cocok. Sekalian staycation bisa menikmati alam yang mantap dan menyenangkan. Apalagi pilihan atraksi wisata yang ditawarkan banyak banget ya

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.