Hello TemenAip apa kabar? Saat ini bangsa Palestina sedang menderita karena serangan kejam Zionist Israel. Perhatian dunia tertuju kesana. Indonesia juga aktif dalam usaha dan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina di kancah diplomasi Internasional juga mengirimkan berbagai bantuan bagi rakyat Palestina.

Tapi tau nggak kalau dukungan Indonesia itu sudah dilakukan sejak dahulu kala. Tepatnya pada tahun 1955.

Pada tahun 1955, Bandung menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang salah satunya menghasilkan dukungan negara-negara Asia dan Afrika untuk Palestina.

Semangat perjuangan itu bahkan dinyatakan kembali dalam pertemuan KAA tahun 2005 dan tahun 2015 di Kota Bandung.

Bandung Cinta Palestina

Itulah kenapa Bandung menjadi Kota yang penting dalam dukungan Indonesia terhadap Palestina.

Oleh karena itu, dibangun Palestine Walk dalam rangkaian Indonesian Solidarity Week for Palestine yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI, pada 13-17 Oktober 2018.

Peresmian Palestine Walk Foto Humas Pemkot Bandung

Lokasinya berada di Jalan Alun-alun Timur, Kota Bandung. Jalan ini dilengkapi taman dan tepat di ujung jalan, berdiri Tugu Monumen KAA yang sudah ada sebelumnya

Mengutip dari Pikiran Rakyat, Ibu Menlu Retno Marsudi mengatakan “Palestine Walk menjadi simbol persatuan dan dukungan penuh warga Kota Bandung dan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. “Palestine Walk juga sebagai pengingat agar semangat perjuangan tersebut tetap beresonasi di hati kita,”

Peresmian Palestine Walk foto Pikiran Rakyat

Sejujurnya sering lewat area ini tapi nggak ngeh bahwa itu ada Palestine Walk yang ternyata memiliki makna sangat besar bagi bangsa ini dan juga bangsa Palestina.

Sampai saat ini kondisi di sana cukup terawat. Relatif bersih walaupun ada daun-daun berguguran.

Maklum karena memang ada beberapa pohon besar di sekitar sana berarti memang janji dari Bapak Oded yang sekarang sudah almarhum masih dilaksanakan sampai sekarang di tahun 2024.

Menurut saya sih ini sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi karena makna dan juga sejarahnya.

Sekalian jalan-jalan di Braga, Alun-Alun Bandung, Kita juga bisa melihat Monumen Konferensi Asia Afrika. Nah dari situ sudah dekat sekali tinggal ikuti jalannya sudah ada Palestine Walk.

Kita ikuti jalan kecil ini ,yang memiliki panjang 100 m, kita rasapi maknanya, kita doakan rakyat Palestina supaya bisa cepat merdeka dan kita jangan lupa akan fakta-fakta dari penjajahan Zionis ini, supaya tidak terulang kembali di tempat-tempat lain

Jadi gimana TemenAip? Tertarik buat mampir ke Palestine Walk di Alun-alun Bandung?

22 comments

  1. Ih aku hampir aja lupa kalo ini tempatnya di Bandung. Hahaha padahal hampir tiap hari lewat sana. Aduh payah. Alhamdulillah ya kita masuk negara yang peduli Palestina. Selain karena sesama Muslim, juga karena kita manusia. Harus punya hati nurani atas penderitaan sesama. Semoga Palestina bisa segera kembali seperti dulu. Aman, tenang, dan damai.

  2. Simbolisasi itu sebagus semangatnya dan sebagus pesan yang ingin disampaikan… semoga dengan adanya Palestine Walk ini semakin banyak orang yang peduli dengan Palestina, baik bersedekah maupun mendoakan…

  3. Pas banget kak Aif karena saya belum pernah ke sana, dan bulan depan mau berencana ke Bandung kayaknya wajib mampir dan jadwalkan ke sini dulu, biar makin banyak juga orang yang tahu Palestine Walk ini

  4. Yes dukungan Indonesia for Palestina sudah ada sejak lama ya bahkan Indonesia merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestine. Btw baru tahu ada Palestina Walk di Bandung dan sudah ada sejak Oktober 2018. Pastinya saya tertarik ke sana kalau ke Bandung

  5. Baru tahu ada Palestina Walk. Meskipun terkesan biasa (rute jalan kaki sepanjang 100m), tapi makna yang terkandung amat besar. Kita mengharapkan Palestina merdeka dan menjadi negara tanpa penjajahan. Ternyata Indonesia juga telah lama mendukung dan memberi kepedulian tentang hal tersebut.

  6. Bandung seringnya jadi pioner untuk membuat spot terkini.
    Palestina’s Walk, lokasi terdekat di Indonesia utk siapapun yang memberikan dukungan terbaiknya bagi perjuangan saudara-saudara kita di Palestina.
    Semoga perjuangan mereka berujung pada kemerdekaan hakiki yang sangat diharapkan banyak pihak.
    Aamiin ya Allah

  7. Saya juga sering lewat sini, tapi nggak ngeuh ada Palestine Walk hingga terdampar di tulisan ini. Padahal sudah dibangun dan diresmikan lebih dari 5 tahun yang lalu. Baiklah aku jadi kepo, pengin ke sini juga kang sekalian belanja di Kepatihan.

  8. Padahal uda sejak 2018 yaa..
    Tapi aku belum pernah jalan di Palestine Walk. Huhu~
    Rasanya adem banget sih jalan-jalan di Palestine Walk karena vibes alun-alun itu semenyenangkan itu.. Memang warga Bandung tuh paling bahagia kalau main di ruang publik kaya gini.

  9. senang kalau ada taman yang dibuat bagus dan indah serta dijadikan sesuai momen yang sedang ada. Apalagi kalau tetap trawat dan jadi salah satu lokasi yang meyenangkan untuk dikunjungi warga seperti ini. keren sih!

  10. Ternyata memang sudah sejak lama negara kita memberikan dukungan pada saudara-saudara kita di Palestina ya. Berharap mereka segera mendapatkan kemerdekaan. Karena kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

  11. Tertarik banget buat jalan-jalan di Palestine Walk. Sangat keren ya, salah satu bentuk dukungan Bandung ke Palestina, semoga menjadi doa dan harapan yang menguatkan, sehingga segera merdeka Palestina.
    Bandung memang selalu punya tempat menarik buat di explore dan dikunjungi, selaku warga Jawa Barat daku sangat salut sama upaya Bandung mendukung Palestina secara terang-terangan.

  12. Aaakkk jadi pengin segera cusss ke Banduuunggg
    pastinya ini bisa meningkatkan semangat kita utk berdoa dan berharap yg terbaiiikkk bagi sodara2 di Palestine

    semogaaaaa Palestina segera merdekaaa dari serangan israhell

  13. Selama tinggal di Bandung dan bolak balik lewat alun-alun baru tau saya ada spot ini. Wkwk. Atau udah pernah ke sana tapi nggak ngeh gitu ya.. yang jelas ini tempat bersejarah banget dan punya makna yang mendalam soal jelasnya keberpihakan Indonesia terhadap Palestina. Luvv sekali, kalo pas pulang ke Bandung nanti mau mampir..

    1. Ngajak anak-anak ke sini juga kayaknya oke, secara anak saya sedikit banyak udah paham tentang Palestina dan Israel. Dengan mengajak dia ke sana, bisa nunjukin secara konkret kalau ini lho Indonesia memberikan dukungan penuh atas Palestina. Bisa juga mengajarkan kalau dukungan itu bisa lewat doa dan hal-hal semacam ini, nggak selalu harus ikut datang ke sana dan ikut berperang melawan penjajah..

  14. Aku juga pengen ke Bandung nih jadinya. Penasaran banget ama Palestine walk. Walau jalannya relatif pendek tapi menunjukkan dukungan Indonesia ke Palestine.
    Semoga keadaan di Palestinr membaik.

  15. Jadi pengen ke Bandung niiih, belum pernah euy. Penasaran ama Palestine Walk. Walau gak terlalu panjang tapi menunjukkan dukungan Indonesia ke Palestine.

    Sejak dulu Indonesia dan Palestina bersaudara yaaa. Semoga keadaan di sana makin membaik.

  16. Penasaran pengen lihat tempatnya, kayaknya sering lewatin daerah ini tapi ga ngeh kalau sekarang udah ada sign Palestine Walk, kapan-kapan kalau ke Bandung lagi wajib mampir ke sini, sekalian melihat Monumen Konferensi Asia Afrika juga

  17. Bu Retno menteri kesayangan kita semua yang memperjuangkan hak-hak sodara kita di Palestina sana. Baru tahu kalau ada Palestine Walk di Bandung. Jadi pengen mampir kesana ntar pas main Bandung!

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.