Hello TemenAip ! Bulan Suci Ramadan sebentar lagi datang. Selain rencana beribadah , rencana bukber, saatnya juga merencanakan mudik pulang ke kampung halaman. Dan mudik itu bukan proses yang mudah kan ? Kita mesti punya trik canggih supaya mudik berjalan lancar dan menyenangkan. Tahun lalu sempat nulis bagaimana perjalanan mudik bisa penuh drama penuh trick , Kali ini mau kasi Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik. Kasian kalau gak nyaman, bayi bisa jadi rewel. Kalau orang dewasa mah bisa komplain, bayi cuman bisa nangis, karena ga nyaman. Dan kalau udah nangis bisa mengganggu perjalanan kan. Apalagi kalau naik kendaraan umum, bisa bikin orang lain ga nyaman juga kaan.

Kebiasaan mudik atau berpergian jauh akan membuat kita belajar, gimana mempersiapkan traveling yang nyaman meski membawa bayi. Selain perlengkapan umum seperti pakaian, makanan, obat-obatan, mainan, pospak, minyak telon dan lainnya, Kita juga akan dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatu agar si kecil tak rewel diperjalanan. Harus komplit dan jangan sampai ada yang ketinggalan.

Setelah semua persiapan selesai,  tinggal merencanakan transportasi apa yang bakal digunakan sekeluarga buat perjalanan mudik. Moda transportasi seperti mobil, pesawat atau kereta api bisa menjadi pilihan dengan kelebihan masing-masing. Untuk menghemat waktu dan bujet, Kita bisa mencari tiket pesawat murah buat mudik. Hari gini jangan suka ribet kalau nyari tiket. Dibikin Praktis aja. Cepet ya kalau terbang. Tapi naik kereta api juga Asik. Naik mobil juga seru. Mari kita mulai Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik.

 

Pesawat Terbang

Mudik naik pesawat

Kalau mudiknya naik pesawat terbang, Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik , demi kenyamanan, jangan bawa barang terlalu banyak. Simpan satu tas yang berisi keperluan pokok bayi seperti makanan, popok dan mainan di bawah tempat duduk ibu agar mudah dijangkau sewaktu-waktu diperlukan..  Kalau ibunya bayi masih menyusui, justru  malah menguntungkan lho.. Untuk menghindari tekanan pada telinga bayi yang bisa membuat rewel, ibu dapat menyusui saat pesawat akan lepas landas atau mendarat. Selain itu sediakan headphone untuk menutup telinga bayi dari tekanan ketinggian. Pastikan juga posisi duduk nyaman, dan ikuti instruksi dari awak kabin demi keamanan.

 

Kereta Api

Kereta Api Nyaman

Mudik dengan kereta api adalah cara alternatif yang lebih santai dibandingkan dengan transportasi lainnya. Kereta Api Zaman Now udah nyaman dan ber-AC. Yang ekonomi aja udah nyaman. Kita harus melakukan beberapa persiapan untuk menghindari beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Rencanakan rute dan gunakan kereta api yang langsung ke tempat tujuan, untuk menghindari perubahan kereta atau transit kereta. Ribet kan mesti pindah-pindah kereta, bawa bayi, bawa barang. Waduh, cukup sekali saja.

Pemandangan indah di perjalanan

Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik , Pilih tempat duduk di sisi jendela, supaya bayi dapat menikmati pemandangan indah dari jendela kereta. Bawa  juga mainan supaya bayi bisa main. Kalau mau nyaman, pesan tempat khusus duduknya Bayi, jadi gak akan ribet geser-geser sama orang lain. Bayipun bisa tiduran nyaman. Jangan lupa rencanakan kendaraan berikutnya setelah turun dari kereta api, apakah perlu memesan taksi atau sudah ada mobil sewaan yang menanti. Biar gak ada drama nyari-nyari mobil buat tujuan selanjutnya.

Mobil

Nah ini, cara mudik paling privat. Kayak Les. Bebas, tapi tantangannya paling beda. Tapi kalau bawa mobil pribadi, Kita harus persiapkan fisik dan keuangan. Karena selain perjalanannya jauh, kita juga kemungkinan  bakal menepi setiap saat. Buat makan , istirahat, dll. Setiap transportasi ada aturan dan cara amannya masing-masing bagi kenyamanan bayi.

Kalau naik mobil, berhenti, bayi dan kakaknya bisa diajak main supaya bergerak dan tidak bosen

 

Cara paling aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan dengan mobil adalah dengan membawa kursi bayi (baby seat). Hal ini dapat membuat bayi nyaman dengan ukuran dan posisi yang benar. Beberapa baby seat saat ini umumnya telah memenuhi standar keamanan yang tepat. Bisa beli, sewa atau cara yang paling jitu, minjem biar irit. Hahahhaa. Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik , Kaca mobil perlu diperhatikan. Kaca mobil yang gelap bisa menghindarkan kulit dan mata bayi dari paparan sinar matahari secara langsung. Buat mobil selalu dalam keadaan sejuk, sehingga bayi tidak rewel karena kepanasan. Musik-musik yang menyenangkan juga bisa membuat bayi menikmati perjalanan. Kalau bisa musik yang cocok ama bayi ya. Jangan segala macam konser rock diputer. Kasian bisa stress bayinya.

Mudik itu tradisi tahunan yang menyenangkan,tapi harus memperhatikan kesehatan bayi dan ibunya. Jangan terlalu memaksakan kalau udah merasa lelah atau bayi sudah rewel. Satu hal yang paling penting yang untuk diperhatikan, yaitu konsultasi dulu sama dokter,  dapatkan persetujuan dari dokter untuk membawa bayi bepergian jauh. Mudah-mudahan Tips Praktis Supaya Bayi Tidak Rewel Saat Mudik ini bisa membantu persiapan mudik TemenAip nanti.

Jangan lupa berdoa, Hati-hati di Jalan, dan Nikmati perjalanan mudiknya !

 

Selamat Mudik

6 comments

Leave a Reply