Hello TemenAip! Apa Kabar ? Kali ini mau ngasi rekomendasi Kuliner Jogja Favorit pas #Aiptrip beberapa kali kesana.


Jogjakarta , selain Kota yang penuh dengan aneka budaya, bangunan bersejarah, dan tempat wisata yang banyak variasinya, menyediakan banyak pilihan tempat kuliner.


Mulai dari yang tradisional, modern, fusion dan bahkan beberapa kulineran yang specialized, alias khusus seperti kuliner khusus Jamur di Jejamuran.


Aneka macam rasa ditawarkan dengan aneka macam harga, tempat dan penyajian. Bisa dibilang kulineran di Jogja komplit. Mau makan apa aja ada , mulai dari Ayam Geprek, yang trendnya berawal dari sana, Pecel, Gudeg sampai aneka makanan Eropa mulai dari Italia sampai Mediterania.


Sebenarnya masih banyak sih tempat makan enak, tapi gak mungkin di share semuanya kesini. Yaudah kita mulai aja ya

Tempo Gelato

Tiap ke Jogja pasti mampir kesini. Gelato adalah es krim ala Italia, yang kandungan lemaknya lebih sedikit dibanding es krim biasa.

Gelato & sorbetnya mantap banget dengan aneka macam rasa. Teksturnya bagus karena dibuat fresh dan rasanya otentik. Harganya juga masuk akal.Tempo Gelato merupakan salah satu gelato yang berada di Yogyakarta. Untuk saat ini Tempo Gelato terletak di 2 tempat yaitu di Prawirotaman dan di Jalan Kaliurang. Di sini tersedia es krim gelato dengan banyak varian rasa mulai dari buah-buahan ,rempah-rempah,sorbet dll.


Varian rasanya banyak banget Caffe Caramel,Cinnamon, Chocolate,Nutella, Mint,Oreo, Vanila Choco,Strawberry,Matcha tea, Sarbet mango, White Chocolate, Sorbet Ginger,Coconut Choco

Resep es krimnya merupakan resep tradisional keluarga, tanpa pengawet, tanpa pewarna. dan berasal dari buah murni dan bahan alami.

Harganya Rp 25.000 untuk satu cone dengan 2 rasa, sepadan dengan rasanya lah. Kalau mau beli pesan dulu ke kasir, nanti dikasih coupon yang bisa ditukarkan langsung dengan gelato pilihan kita.

Alamatnya ada di Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

dan Jalan Kaliurang KM 5,2 No. 28, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Kicik Balungan Tengkleng Hohah⁣


Awalnya ke Rumah Makan Hohah ini mau makan Sate Klathak, tapi kok tengkleng dan Kiciknya menarik ? Pesanlah Kicik Balungannya.

Kicik Balungan Tengkleng Hohah


Kicik Balungan ini semacam variasi Tengkleng yang berkuah kuning dengan rasa yang cenderung gurih. Sementara Kicik ini kayak versi barunya. Ditambahin dengan cabai yang banyak. Jangan khawatir, potongan tulang kambing yang masih banyak dagingnya dibumbu pedas.

Dagingnya tidak alot, tidak bau prengus dan cocok buat pecinta makanan pedas. Makannya seru sambil keringetan. Awalnya agak kaget liat porsinya yang lumayan gede. Tapi abis aja kok.⁣

Hidangan unik ini tidak Saya temukan di banyak tempat. Jadi kalau mau cari varian Tengkleng yang pedas, suka tulang yang ada dagingnya, Kicik ini bisa jadi pilihan.


Tengkleng Hohah beralamat di Jalan Wonosari No. 141 km 7, desa Baturetno, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul.

Mie Lethek & Mie Dhes Joo Bantul


Nah ini kuliner istimewa, karena Saya baru mencobanya pas diajak Mbak Prima Hapsari. Warung makannya sederhana, berada di pinggir jalan.⁣

Awalnya Saya sangka dibawa ke warung mie goreng biasa. Ternyata Mienya istimewa, karena khas Bantul.

Mie Des ( bisa digoreng maupun direbus) yang terbuat dari sari pati ketela, dan juga Mie Lethek yang terbuat dari tepung gaplek.

Mie Des bentuknya cukup tebal dengan warna kekuningan. Teksturnya kenyal, dan mengenyangkan. Menurut saya enak versi gorengnya, jagoan masaknya. Terasa semua bumbu bawang putih, merica, daun bawang dsb. Dan pakai ebi, jadi ada aroma-aroma udangnya gitu.

Kalau Mie Lethek bentuknya mirip bihun, tapi warnanya lebih bludrek. Ini juga lebih cepat mengenyangkan. Masaknya pakai telur dan aneka bumbu yang mirip dengan Mie Des. Bisa dipesan pedas sesuai selera.

Mie ini Dibuat dari tepung singkong, teksturnya kenyal dan bikin Kenyang! Bisa dimasak dengan cara direbus atau digoreng, Masakan an Pak Joo ini bumbunya pas, kerasa bawang putih & rebonnya, berlimpah daun bawang dan bawang goreng sebagai toppingnya.

Selera Saya ternyata lebih condong sama Mie Lethek Gorengnya, gurih banget, dan bisa jadi alternatif bahan pangan yang ok, karena cepat bikin kenyang.

⁣Mie Lethek Joo
Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.11, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55714, Indonesia

Loko Cafe Jogja

Kalau turun dari kereta api di Stasiun Yogyakarta, kayaknya kelewat deh tempat ini. Loko Cafe Jogja adalah salah satu cabang dari Loko Cafe yang sekarang banyak cabangnya di berbagai kota di Indonesia.

Loko Cafe adalah Tempat nongkrong Asik dekat stasiun. Mau naik kereta dekat. Menunya komplit dengan harga terjangkau.

Ada aneka macam menu nasi goreng, mie, sandwich. Disini juga disediakan aneka macam kopi dan teh, lengkap dengan baristanya. Mau minuman panas, dingin, tinggal dipesan.

Tidak hanya sebagai tempat singgah sebelum naik atau setelah turun dari kereta, Loko Cafe juga bisa jadi tempat janjian, karena lokasinya yang strategis.

Disini bisa jadi tempat foto-foto keren juga. karena banyak spot foto di cafe bernuansa kereta api yang konsepnya terbuka ini ⁣.

Loko Cafe Jogja beralamat di Stasiun Yogyakarta, Jl. Pringgokusuman, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272

Sua Coffee

Nah , Sua Coffee ini baru dibuka, lokasinya agak jauh sih dari pusat kota , tapi tempatnya asik banget. Kekinian !

Tempat ngopi cantik baru dengan suasana nyaman & menyenangkan. Di bagian depannya sama seperti cafe lain , tapi di bagian belakangnya ada semacam backyard atau Halaman Belakang yang bisa dipakai untuk berbagai fungsi. Jadi buat nongkrong dan ngopi seru banget. Memang tempat buat berSUA banget.

Cuaca dingin daerah Kaliurang juga menambah keseruan nongkrong disana.

Pilihan kopinya banyak mau Espresso, Americano, Ristretto dan Kopi Sua dan banyak lagi. Mau makan berat & ringan juga ada.⁣ Rasa kopinya mantap dan bikin mata segar.

Sua Coffee beralamat di Jl. Kranji Serang No.8, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581, Indonesia

SGPC Ibu Wiryo 1959⁣

SGPC alias Sego Pecel Ibu Wiryo adalah tempat makan pecel yang populer di jogja. Menunya tidak banyak, ada Nasi Pecel, Sop Daging, beberapa lauk dan gorengan. Tapi mereka fokus soal rasa dari menunya.

Sego Pecel yang enak dengan sayuran yang segar & bumbu Pecel yang mlekoh. Enak rasanya apalagi dimakan sama kerupuk.

Sop Dagingnya minimalis bumbunya tapi segar dan terasa saripati dagingnya. Buat saya ini adalah tempat sarapan yang sedap meriah.⁣

Bu Wiryo didapuk sebagai salah satu rumah makan pecel legendaris di Jogja dan sudah ada sejak tahun 1959. Sudah lama sekali ya, kebayang pas awal-awal buka.

Tempat makannya luas, jadi bisa menampung banyak orang. Suasananya juga santai dan pelayanannya cepat.

Lokasi SGPC Bu Wiryo ada di Jl. Selokan Mataram, seberang Fak. Peternakanan UGM. SGPC Bu Wiryo buka setiap hari pukul 07.30 – 20.30.

Soto Daging Pak Irin⁣


Berlokasi di Pasar Prawirotaman yang baru, Pak Irin menyajikan Soto Daging Sapi yang lezat. Bumbunya santai, gak berlebihan.

Sop panas disajikan dengan nasi nyaman banget di Perut. Potongan daginhnya berlimpah, ada cacahan kolnya juga , yang pasti kuahnya terasa saripati sapinya. Porsinya pas, gak berlebihan.

Kalau mau berlebihan enaknya, tambahin jeroan bacem, yang bumbunya meresap banget, dimasak dengan bener karena tidak alot & bau. Setiap gigitan membuat hati gembira. ⁣

Karena makannya di pasar otomatis banyak orang, semeja dengan orang lain, tapi seneng sih, suasananya meriah. Harganya murah pula. Seporsi nasi soto Rp. 12.000 , jeroan Rp.10.000.

Sate Klathak Pak Bari⁣


Saya suka Sate Pak Bari ini karena Dagingnya empuk, gak bau walaupun bumbunya minimalis. Dibakar pakai jari jari besi sepeda. Jadi masaknya merata. Walaupun bukanya malam karena kalau pagi jadi pasar Wonokromo, seru juga makan disini karena suasananya jadul⁣.

Kalau kesini datengnya malam ya. Karena bukanya malam, sekitar jam setengah tujuh malam. Selain Sate Klathak, tongseng dan gule sapinya juga enak. Bisa dicoba. Tulisan lebih komplit soal sate ini bisa dibaca di

Sate Klathak Pak Bari ada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791



Masih banyak sih rekomendasi Kuliner Jogja yang lain. Karena masih banyak makanan enak disana.⁣
⁣TemenAip kaluke Jogja punya rekomendasi Kuliner? Share di Komen ya⁣

26 comments

  1. Dulu pernah kuliah di jogja. Favorit banget nih SGPC Bu Wiryo. Mantap murah meriah di kantong mahasiswa heheheh.. inceran banget nih. Jadi kangen Jogja

  2. Belum pernah ke Jogja euy dan pengeeeen banget. Semoga suatu waktu ada rejeki yaa. Saya penasaran apa yaa sama Jogja, penasaran sama angkringannya gitu sih. Penasaran sama kesederhanaan di sana.

  3. Belum pernah ke Jogja euy dan pengeeeen banget. Semoga suatu waktu ada rejeki yaa. Saya penasaran apa yaa sama Jogja, penasaran sama angkringannya gitu sih. Penasaran sama kesederhanaan di sana.

  4. Padahal sepanjang 2013-2016 dan 2017 beberapa kali ke Jogja, 1-3 kali sehahun tapi ngga pernah aware msaa kuliner ini, huhu. Paling nyobain yang deket penginapan ajaaa stay rekomendasi temen. Nyari ke Tempo tapi gagal karena hujan dan besoknya harus balik ke Jakarta.

  5. saya tinggal di Jogja 3 tahunan tapi belom ngunjungin semuanya, tapi sudah beberapa sih. dan paling favorit adalah tempo gelato, dulu ga suka es krim, gara-gara makan tempo gelato jadi suka es krim tapi ya cuman mau makan es krim tempo gelato aja heheeh. kalau stress kuliah pasti ke sini nongkrongnya

  6. huwaaa rekomendasinya bikin aku kangen dan pingin balik lagi ke Yogya…
    kok bisa yaa dari semua yg di list Mas Arief aku blom cobain?
    Next ke YK lagi aku buka postingan ini deh buat contekan…

  7. Dari semua makanan yang ditampilkan, aku kepengeeen deh nyobain mie des dan mie lethek 🙂 Itu seporsi bisa bikin perut begah kayaknya wkwkwkwk. Komplit ya isinya, cocok buat makan siang abis muter2in Jogja. Abis itu mimi es gelato. 25K pas lah demi kenikmatan es rendak lemak tapi enak. Nah buat sarapannya 07.30 udah buka kan sego pecel Bu Wiryo? Nangkring situ deh nyam3x duuuuh ga sabar pengen ke Jogja kelar corona.

  8. Aku otomatis keracunan liat postingan ini hahaha. Pastilah aku pengen tenkleng hohah. Pedas itu nikmat.. auto pengen ke jogja

  9. Banyak juga rekomendasi makanan enak-enak di Yogja ya Kang. Padahal kalau di sana saya bingung aja mau makan apa. jadinya ya gudeg lagi gudeg lagi. Ish you know what, sampai sekarang daku belum pernah makan mie lethek lho. Kurang piknik banget yak hahaha

      1. Padahal sepanjang 2013-2016 dan 2017 beberapa kali ke Jogja, 1-3 kali sehahun tapi ngga pernah aware Sama kuliner ini, huhu. Paling nyobain yang deket penginapan ajaaa stay rekomendasi temen. Nyari ke Tempo tapi gagal karena hujan dan besoknya harus balik ke Jakarta.

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.