Hello TemenAip Apa kabar? Kalau Saya senang sekali karena sekarang ada alternatif pemeriksaan Covid19 yang lebih mudah, murah, dan efisien yaitu Genose C19.

Kabar gembira kan?  selama ini Kita melakukan pemeriksaan Covid19 menggunakan metode PCR Swab, Antigen Swab, pernah juga Rapid test yang akhirnya tidak dipakai karena kurang akurat. GeNose C19 adalah alternatif pemeriksaan Covid 19.


Dan Genose C19 ini sudah ditetapkan sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021.

KAI menghadirkan layanan Test GeNose mulai 5 Februari 2021. Untuk tahap awal baru tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta. Yang bisa melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun adalah calon penumpang KA jarak jauh yang sudah memiliki tiket untuk memenuhi syarat perjalanan KA jarak jauh. Jadi gak sembarang orang ya.

Uji Coba Pemeriksaan GeNose C19

Ariefpokto.com sempat hadir dan mencoba pemeriksaan GeNose C19 dalam
Uji Coba pemeriksaan GeNose C19, 3 Februari 2021 di Stasiun Pasar Senen.

Menhub, Menristek, Dirut KAI, Kepala Produksi Genose

Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menristek/ Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro,  Kepala Produksi GeNose C19 Eko Fajar Prasetyo dan anggota Tim Pengembang GeNose Dian Kesumapramudya Nurputra, juga Dirut KAI Didiek Hartantyo turut hadir memantau Uji Coba tersebut.

Menurut Pak Menhub, mengatakan secara bertahap  GeNose C19 akan dilakukan secara bertahap di stasiun-stasiun yang banyak penumpang nya seperti di Bandung Semarang, Solo, Surabaya, dan Cirebon.

Beliau juga mengatakan secara bertahap moda transportasi lain juga akan menerapkan syarat GeNose C19 sebagai alternatif  pemeriksaan sebagai syarat perjalanan jarak jauh.

Menristek mengatakan kalau akurasi dan sensitivitas GeNose C19 sudah terbukti. Dan semakin banyak menguji, akurasinya semakin baik.

Beliau berharap GeNose C19 bisa memperlancar perjalanan dan memberi pengamanan agar paparan Covid19 bisa lebih terdeteksi.


Buatan Negeri Sendiri

GeNose C19 dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada. Menggunakan Artificial Intelligence, GeNose C19 akan menyaring senyawa udara mana yang terpapar Covid19.  GeNose C19 memiliki akurasi sebesar 93-95%. Hasilnya cepat diketahui selama 3 menit.

Genose C19 photo by Ariefpokto.com

GeNose C19  telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan Nomor Kemenkes RI AKD 20401022883.

Perbandingan GeNose C19, PCR Swab, Swab Antigen


Saya pernah melakukan pemeriksaan Covid19 mulai dari rapid test dimana diambil sample darah, swab antigen diambil sample dari hidung, dan PCR Swab dimana sample diambil dari hidung dan tenggorokan.

Pengambilan sample dari hidung menurut Saya kurang nyaman dan bikin perih. Apalagi kalau sampai berkali-kali. Belum kalau PCR Swab, selain dari hidung sample diambil dari tenggorokan yang membuat mual.

Kalau Rapid Test, sample diambil dari darah, sehingga otomatis darah kita diambil memakai jarum , ini juga kurang nyaman. Tapi balik lagi, metode ini sudah ditinggalkan karena kurang sensitif.

Itulah mengapa syarat perjalanan akhirnya dinaikan minimal menjadi Swab Antigen dan kalau mau lebih lengkap test PCR.

Pengambilan sampel untuk GeNose C19 bisa dilakukan dalam waktu 3 menit di luar antrian dan administrasi.

Kalau dari hal waktu selesai hasil Swab Antigen, ketika Saya periksa di Stasiun Kiara Condong, Bandung, hasil keluar sekitar 15 menitan di luar waktu antri dan administrasi.

Kalau PCR tergantung harga dan antrian, Tapi pengalaman Saya dua kali PCR, di RS TMC Tasikmalaya selesai dalam waktu 2 hari ( dari estimate 3-5 hari) sementara di Salah satu laboratorium di Jaksel selama 1 hari kerja.

Nah GeNose C19 hasilnya bisa diketahui dalam waktu 3 menit.

Dari segi harga GeNose C19 paling ekonomis, kemarin harga percobaan Rp 20.000 , sementara Swab Antigen di Stasiun Rp. 105.000 ( di tempat lain bisa 200 ribuan ke atas) dan PCR minimal Rp. 900.000 ( bisa lebih mahal tergantung tempat dan lama keluar hasil)

Pemeriksaan GeNose C19


Saat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di Pasar Senen kemarin, penumpang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
Calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket KA, serta dilarang
merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan
sampel napas.

Oiya makan atau minuman Makanan/minuman beraroma keras seperti durian, jengkol, kopi sebaiknya dihindari sebelum melakukan test. Pastikan tidak makan apapun tiga puluh menit sebelum test. Kalau minum air putih saja tidak masalah.

Alurnya Kita mendaftarkan diri dengan membawa persyaratan yaitu tiket / kode booking ke tempat registrasi. Lalu membayar biaya pemeriksaan ( harga launching) seharga Rp. 20.000 dan lalu diberikan tabung plastik pemeriksaan, lalu diperiksa.

Harus tertib ya, supaya lancar. Setelah di test kita menunggu hasil, karena akan dipanggil satu persatu.

Petugas pun mengatur agar semuanya lancar dan tetap menjaga jarak.

Pemeriksaan GeNose C19 sendiri buat Saya cukup mudah, ada petugas disana yang akan memberikan aba-aba. Kita ambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

Langkahnya adalah, sebanyak 2 kali di awal, ambil napas dalam-dalam dan buang di dalam
masker.

Kemudian pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh.

Kunci katup biru di kantung agar udara di dalamnya tidak keluar lalu serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.
Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Tak menunggu lama hasil test GeNose C19 Saya keluar, Alhamdulillah negative.

Lama Berlaku Hasil GeNose C19


Hasil pemeriksaan GeNose C19 Berlaku selama 3×24 jam dari dikeluarkannya Surat. Lebih dari itu harus test lagi.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Bisa dipakai untuk perjalanan Kereta Api jarak jauh.

Kalau Positive Gimana?


Kalau hasil pemeriksaan positive Covid 19, maka penumpang tidak boleh naik kereta, tiketnya bisa dibatalkan, Petugas pemeriksa akan
memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan
menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri.

Selanjutnya akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili.

Senang sekali adalah alternatif pemeriksaan Covid 19 sebagai syarat perjalanan. GeNose C19 ini banyak keunggulan di mata Saya. Selain akurasinya di atas 90 % , pengambilan sample nya lebih mudah dan tidak perih, harganya relatif murah dan mengetahui hasilnya lebih cepat.

GeNose C19 semakin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 sehingga lebih mempercepat pencegahan penularan Covid-19 dan menjadikan moda transportasi Kereta Api yang makin nyaman aman dan juga sehat.

Karena untuk saat ini GeNose C19 baru ada di 2 stasiun, pemeriksaan Swab Antigen masih dilakukan di 20 stasiun lainnya. Di Stasiun Pasar Senen pun masih ada, dan valid sebagai syarat perjalanan jarak jauh.

Jam Layanan Genose C19

Untuk jam operasional layanan pemeriksaaan GeNose C19 di Yogyakarta mulai jam 07.00 – 18.30 (antrean kondisional) posisi di area ruang tunggu selatan stasiun jogja (bersebelahan dengan layanan rapid antigen)

Layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen mulai pukul 06.00-20.00 WIB (antrean mulai pukul 06.00-19.30 WIB/kondisional)

Update Terbaru

Pertanggal 15 February 2021 ada tambahan 6 stasiun yang memberikan layanan GeNose C19.

Di bawah ini video saat Test GeNose di Stasiun Gambir.

Adapun ke-6 stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

Per 31 Maret 2021, ada tambahan Stasiun yang menyediakan test ini yaitu Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

Saya sudah mencoba juga Test GeNose C19 di Stasiun Bandung

Harga Pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp. 30.000.

Dan Per 1 April 2021, Pemeriksaan GeNose C19 diberlakukan di beberapa bandara di Indonesia.

Untuk info selengkapnya terkait layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun, kita bisa menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id , atau media sosial KAI121.




29 comments

  1. Ya Allah…dag Dig dug aku tuh mbak bacanya dari atas sampai akhir. Alhamdulillah mbaknya negatif yaaaaa. Ikut senang.

  2. Aku pernah merasakan swab rapid dan PCR dan ngga enak banget huhu emang GENOSE ini bisa jadi pilihan banget ya. Simple cepat dan ngga sakit hehe.

  3. kemaren aku pakai yang swab antigen kang
    belum nyoba yang genose ini
    aku berharapnya aturan tesnya lebih ringan jadi terjangkau. tapi akurat juga ya ini genose buatan anak bangsapun

  4. Yeeaah…pemeriksaan kayak begini nih yang saya tunggu-tunggu. Selama ini saya menunda perjalanan keluar kota karena tak mau di periksa, baik rapid maupun swab, mala banget hidung dicolok-colok. Kalau gunakan Genose C9 saya mau ah, tidak perlu disuntik apalagi dicolok hidungnya.

  5. Kemarin sempat lihat nih beritanya pas awal2 ditemukan di UGM kalau ga salah. Sekarang sudah diaplikasikan. Mantap. Semoga bisa diaplikasikan secara menyeluruh ya, agar biaya deteksi Covid semakin terjangkau.

  6. Makin variatif saja pemeriksaan Covid 19 ini.

    Semoga ke depan test yang terjangkau dan lebih mudah ini bisa lebih dimasyarakatkan atau menjadi fasilitas di puskesmas. Jadi kita2 yang sekadar mau cek, gampang dan nggak ngerasa kemahalan.

  7. Ini sih yang ditunggu-tunggu, selain murah genose ini juga mudah dan gak butuh waktu lama untuk hasilnya. Secara tidak langsung sangat membantu temen2 nakes mempermudah mendeteksi si virus agar lebih cepat ditangani bila sudah terinfeksi. Berharap bgt gak cuma di stasiun sebagi jalannya salah satu sektor pariwisata tapi berada di sektor lain, agar lebih mudah dijangaku masyarakat

  8. Luar biasa sekali ya anak bangsa. Mampu membuat alat ini. Sangat membantu sekali. Soalnya kemarin hidung di urek² rasanya nggak nyaman banget. Kalau cuma dari sampe napas kan nggak perlu menyakiti hidung lagi. Mantap!

  9. Metode ini daku lihat juga infonya di tivi, dan dengan GeNose C19 ini menurut daku lebih praktis, dan dilakukannya di tempat sehingga kalau ada apa-apa bisa cepat ditangani.

  10. Genose C19 sangat memudahkan sekali ya, karya anak bangsa pula dan harganya sangat terjangkau di masa pandemi yang apa-apa kita harus perhitungkan pengeluaran dan paling penting hasilnya 90% akurat itu wow banget. Namun apapun itu, doa tetap sama dari hari ke hari semoga pandemi ini segara berlalu, amin.

  11. Saya sangat terinspirasi dengan Genose C19 sebagai alat untuk test status covid 19. Adanya penemuan yang cukup akurat dengan harga yang ekonomis (ngomong kenapa harga Rp.20.000 dicoret?) sangat membantu bagi mereka yang akan bepergian ke luar kota dengan naik KA. Utk pesawat masin harus Swab antigen yach?

  12. Salut banget sama karya anak bangsa ini, untuk kepentingan bersama dan kesehatan semua orang, apalagi bekerja sama dengan KAI. Genose C19 lebih praktis ya Kang, cuma hembusan nafas doank, itu pun ada caranya.
    Noted nih 3x 24 jam berlakunya.
    Semoga menyusul di stasiun2 lainnya.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.