Hello TemenAip! Apa Kabar? Di Kala pandemi seperti sekarang, hal yang dulu biasa, akan terasa luar biasa. Seperti Traveling. Dan salah satu tempat luar biasa yang bikin kangen buat Saya adalah Pulau Bali. Ya, sudah 3 tahunan Saya tidak menginjakan kaki ke Pulau Bali. Kayaknya sekarang saat yang tepat buat sharing Tempat Wisata Bali Favourite Ariefpokto.com

Di Pulau Bali banyak sekali destinasi wisata, karena Pulau ini tidak hanya kaya akan destinasi wisata Alam, tapi juga budaya , belanja, kuliner, olahraga bahkan kesehatan sampai rohani. dsb. Bali adalah Pulau yang tak pernah kekurangan tempat wisata dan kegiatan seru buat dilakukan.

Kita mulai ya Tempat Wisata Bali Favourite Ariefpokto.com

Pantai Pandawa

Pantai ini berada di wilayah Kuta Selatan di Kabupaten Badung. Yang Saya suka disini adalah pantai berpasir putih panjang dengan perbukitan. Langit biru, gradasi air yang berwarna tosca sampai biru kontras dengan pasir putihnya. Dulu ini adalah pantai tersembunyi, tapi sekarang sudah menjadi destinasi wisata umum. Ya gak apa-apa sih, penataannya jadi lebih rapi.


Acara leyeh-leyeh di pantai sambil main pasir amatlah menyenangkan. Kalau panas ada tenda payung buat melindungi dari matahari. Di perbukitannya ada juga patung-patung keren tokoh Pandawa 5 dan Dewi Kunti.

Main ke Pantai ini juga jadi pengalaman yang unik karena Kita bisa melihat perbukitan Bali ,

Pantai Sanur & Warung Mak Beng


Kalau ke Bali selalu mengusahakan pergi ke Pantai Sanur buat lihat sunrise. Cantik sekali sunrise disini. Semburat matahari perlahan menampakan sinarnya disini. Selain jadi tempat pemberangkatan kapal ke Nusa Penida, Pantai Sanur bisa juga jadi tempat mantai yang enak buat keluarga. Santai. Tapi kalau mau suasana sunrise yang maksimal otomatis datangnya harus pagi-pagi banget.

Dan kalau agak siangan dikit wajib makan di Warung Mak Beng. Jalan Hang Tuah no 45 Sanur, Kota Denpasar.

Disini ada sebuah tempat makan yang sudah terkenal sejak dahulu kala. Hanya menyajikan dua macam hidangan saja.

Aneka ikan diolah menjadi hidangan ikan goreng sedap, sop ikan berempah dan disajikan dengan sambal juara.

Ikannya segar , didapatkan langsung dari perairan Bali. Yang menarik adalah, Kita tidak bisa memilih jenis ikan yang akan kita santap. Kita percayakan saja pada pelayan Mak Beng untuk membawakan jatah ikan kita. Dan serunya, rasanya enak-enak saja.

Silakan baca lebih detail di

Pasar Kumbasari Denpasar


Buat Saya belanja oleh-oleh kerajinan Bali paling seru dan murah di Pasar Seni Kumbasari Denpasar. Letaknya di Jalan Gajahmada. Pasar bertingkat ini menjual aneka macam kerajinan mulai dari baju, asesoris, kain, aneka kerajinan kayu, gantungan kunci, apa aja ada.

Dan yang pasti disini bisa ditawar, beli secara grosir. Dan lokasinya yang di tengah Kota cukup strategis untuk dikunjungi.

Yang pasti tidak kalah dengan Pasar Seni Sukowati atau tempat perbelanjaan lain di Bali.

Pura Ulun Danu Danau Beratan

Kalau mau ke Bali ke tempat yang adem, segar dengan udara bersih dan juga pemandangan, harus mampir ke Danau Beratan.

Danau Beratan terletak di ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut, temperatur di kawasan danau Beratan kurang lebih 18° C di malam hari dan ± 24° C di siang hari.


Disini ada Pura Ulun Danu dimana Pura itu menjadi Daya tarik utama disana. Dengan latar belakang air danau Beratan yang biru dan juga pegunungan yang mengelililingi danau ini.


Enak banget bersantai disini. Suasananya super Asik dan chill. Walaupun begitu karena disini adalah tempat peribadatan, Kita harus senantiasa menghormati yang sedang beribadah, jangan sampai menggangu prosesi dan harus selalu berprilaku sopan ya.

Menonton Tari Kecak Di Pura Uluwatu

Ke Bali tidak mengunjungi wisata yang bermuatan budaya kayaknya kurang yaa. Salah satu tarian khas Bali adalah Tari Kecak. Tari Kecak diciptakan oleh Wayan Limbak pada 1930-an.⁣Para penari laki-laki memakai kain khusus, bertelanjang Dada, dan mengucapkan Cak secara harmonis.⁣ Sehingga terbentuk perpaduan suara yang indah, khas dan unik.⁣ ⁣Paduan suara cak tersebut, sebelumnya adalah pengiring tarian sakral yang dikenal dengan tari Sang Hyang. ⁣Lalu tahun 1930-an disisipkan cerita yang diambil dari epik Ramayana. Yang mengisahkan penculikan Dewi Shinta oleh Raja Rahwana.⁣


Kalau mau menonton Tari Kecak & Tari Api yang spektakuler harus ke Pura Uluwatu.

Menonton pertunjukan ini dengan latar belakang samudra Hindia, Sunset dengan atmosfir yang unik bikin Kita serasa dibawa ke masa yang berbeda.⁣ Ada adegan dimana Hanuman diikat dan dibakar karena memorakporandakan Alengka Pura. ⁣Tapi karena kesaktiannya, Hanuman bisa meloloskan diri dari api yang membara.⁣ Kedatangannya kesana untuk membebaskan Dewi Sinta dari tahanan Rahwana. ⁣

Ini adalah salah satu adegan dramatis penampilan Tari Kecak di Pura Uluwatu yang diambil dari kisah Ramayana. Pastinya jadi salah satu atraksi wisata budaya yang menarik di Pulau Bali. ⁣

Kalau mau nonton sebaiknya sore Hari yang jam 5 , karena selain pertunjukan Tarian yang keren, senja dan pemandangan lautnya akan membuat kita terpesona. ⁣Pementasan tari kecak dimulai pada jam 18:00 dan berakhir pada jam 19:00.

Pulau Menjangan


Terletak di Taman National Bali Barat, Salah satu cara ke Pulau Menjangan adalah lewat Banyuwangi, Jawa Timur. Di Pulau Menjangan Kita bisa melihat Menjangan hidup di habitat aslinya.

Kita juga bisa menikmati Alam bawah laut yang luar biasa indahnya. Bisa snorkeling atau diving sekalian, banyak sekali paket wisata yang ditawarkan untuk memasuki dunia alam bawah laut Pulau Menjangan.

Baca pengalaman Saya ikut open trip kesana di

Nah sekian Tempat Wisata Bali Favourite Ariefpokto.com , sepertinya bakal ada beberapa part lagi, karena masih banyak tempat wisata di Bali yang belum disebutkan disini. Sempga Kita semua sehat ya TemanAip, selalu praktekan protokol kesehatan, jaga imuninats, supaya bisa sehat dan nanti kalau pandemi bisa dikendalikan, Kita bisa jalan-jalan ke Bali lagi.

10 comments

  1. Duh, udh lama banget aku ngga ke Bali. Tiap kali lihat temen2 posting ttg Bali, rasanya pgn deh suatu saat nanti tinggal disana hihihi. Terima kasih unt rekomendasi tmpt wisatanya mas. Bakal dimasukin wishlist deh.

  2. warung mak beng legend banget ini
    jadi kangen pengen refreshing sejenak ke Bali.
    semoga pandemi segera usai ya, ga sabar

  3. Bali memang sangat indah sehingga menarik wisatawan mancanegara. Mungkin itu pula sebabnya, Bali lebih terkenal daripada Indonesia di luar sana.

  4. Mas Aip sudah keliling Bali ya aku tertarik banget ke Danau Beratan, pemandangan unik danau yang indah, udara segar pegunungan beda vibenya dengan Bali yang biasanya ya..

  5. Dari semua tempat wisata Bali favorit Kang Aip kali ini, ya ampun, belum ada satu pun yang pernah aku cicipi!
    Unik dan cantik semuanya!
    Apalagi Pura Ulun Danau Danau Beratan.

    Semoga di tempat wisata favorit Kag Aip berikutnya, ada destinasi kembaran kita ya.

  6. Bali memang jadi tempat wisata di Indonesia yang sangat iconic yaa..
    Bahkan kalau aku nonton aktor-aktor Korea, selalu menyebut Bali sebagai tempat di Indonesia yang dirindukan.

    Btw,
    Kak Aip, kalau mau menyaksikan Tari Kecak Live Di Pura Uluwatu itu ada jadwalnya kah?
    Kayanya kalo gak pas ada “perayaan” atau apa gitu, gak pernah melihat langsung euui~
    Ngebayangin menikmati budaya Indonesia yang kaya.

  7. Tjakeeep bisa jadi referensiku kalau mau ke Bali krn dr travelernya langsung niih, selama ini baru rencana dan belum pernah ke sana eeeh kehadang pandemi duluu. Paling wishlist pantai sanur dan warung mak beng, sop ikannya terlihat enak dan juara, sedeeep ih 😀

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.