Hello TemenAip Apa Kabar? Siapa yang kangen sama suasana Jogja? Sebagai destinasi wisata favorit termasuk yang terdampak Pandemi Covid-19 dua tahun ke belakang ini. Memasuki usia ke 265 diadakan Rangkaian Acara HUT Ke-265 Kota Yogyakarta yang dilakukan secara kreatif dan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang.

Pariwisata Kota Yogyakarta sendiri sudah mulai menggeliat seiring dengan laju vaksinasi dan berjalannya protokol kesehatan.

Ariefpokto.com sudah hadir sejak tanggal 5 Oktober ke 2021 buat merayakan HUT Kota Yogyakarta ke 265 dengan mengikuti Jogja FamTrip 2021 yang diadakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Senang sekali kembali ke Kota Yogyakarta setelah sekian lama tidak kesini. Rasa rindu itu terlampiaskan saat kaki melangkah turun dari Kereta Api Argo Dwipangga yang membawa Saya dari Jakarta.

Setibanya di Kota ini udah mulai kulineran makan Gudeg, terus jajan ke Pasar Tradisional. Lalu melihat Panggung Krapyak, Tugu Jogja, jalan di sekitaran Malioboro. Bahagia rasanya bisa menikmati suasana Jogja lagi.

Rangkaian Acara HUT Ke-265 Kota Yogyakarta

Dalam rangka HUT Ke-265 Kota Yogyakarta , diadakan event Pekan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 265 Kota Jogja, di mana puncak acaranya adalah kegiatan Wayang Jogja Night Carnival #6 (WJNC).

Rangkaian acaranya sudah dimulai tanggal 1 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta.

Kegiatan yang sudah berjalan adalah

1. Pembukaan Pekan Peringatan HUT ke-265 Kota Jogja, pada tanggal 1 Oktober 2021

2. Dekorasi Foto Kearsipan Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini, mulai tanggal 3 Oktober

3. Festival Permainan Rakyat seluruh Kemantren (Kecamatan) di Kota Jogja.

https://www.instagram.com/p/CUo6QzXhWei/?utm_medium=copy_link

4. Wayang Jogja Night Carnival #6, dilaksanakan secara hybrid daring dan luring.

WJNC sudah memasuki tahun ke 6 dan sudah ditetapkan sebagai Calendar of Event (COE) Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

WJNC tahun ini bertema Semar Boyong. “Tema ini menceritakan tentang Poncowati yang terkena pagebluk, lalu bisa terhindar karena Kembang Wijaya Kusumo dan Cangkok Wijaya Mulyo pulih kembali di tangan Semar.

pelaksanaanya ketat lho, Saya yang akan menonton langsung dipastikan sudah vaksin yang kedua. Kami diberikan Gelang Vaksin khusus sebagai penanda.

Semua kegiatan dalam Pekan Peringatan HUT ke-265 Kota Jogja bisa ditonton atau disaksikan melalui media sosial Channel YouTube Pemkot Jogja, Dinas Pariwisata dan juga Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Program Baru Pariwisata Yogyakarta

Yang menarik ada program baru Pariwisata Yogyakarta, yaitu program Monalisa (sport tourism) dan Kamelia (aplikasi untuk kampung wisata) yang bakal kami coba. Nanti bakal di update lagi secepatnya. Pantengin terus sosmednya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan di acara Welcome Dinner Jogja Famtrip 2021 di Restoran Sekar Kedathon bahwa dalam hal promosi pariwisata tentu saja pemerintah tidak bisa berdiri sendiri namun membutuhkan kolaborasi dengan semua media.

Sementara itu Bapak Walikota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti mengajak Kita secara bersama-sama sesuai perannya masing-masing, saling mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, sesuai kapasitas masing-masing melalui publikasi dan citra positif.

sekar Kedathon

Keseruan Main Di Jogja

Saya sekalian mau share keseruan pas Kami diajak menikmati Kota Jogja dari sisi yang lain , banyak sekali acara menarik yang disajikan supaya Kami bisa melihat dan merasakan Jogja dengan lebih menarik.

Sepedaan Di GembiraLoka

Terus terang sudah lama tidak main ke kebun binatang. Kali ini Kami para peserta Famtrip diajak untuk menjelajah Kebun Binatang Gembira Loka menggunakan sepeda. Seru juga bisa olahraga pagi menunggang sepeda sambil mengunjungi para hewan seperti kambing, kuda poni, biri-biri. lalu melihat aneka satwa lain. Kami juga sempat menumpang kapal besar kelilingan di danau yang ada disana. Suasana pagi yang segar penuh dengan oksigen dari pepohonan yang ada di sekitar membuat badan berasa lebih fit dan perasaan lebih happy.

Sepedaan Ke Desa Jamu Di Rejowinangun

Selanjutnya dari Gembira Loka, Kami lanjut sepedaan ke kampung terdekat yang memproduksi aneka macam jamu. Adalah Kampung herbal yang berada di RW 08 dan 09 Kelurahan Rejowinangun, dimana dua RW ini sebagai sentra pembuat jamu Gendong yang diberi nama J’GER (Jamu Gendong Rejowinangun) dan jamu instan. Yang seru disini mereka menanam sendiri aneka macam bahan jamu seperti kunyit , temulawak, dll di sebuah taman asri nan hijau yang menjadi tempat kami beristirahat dan menikmati jamu dan aneka penganan seperti kacang rebus, pisang rebus dll. Jamu kunyit asamnya segar sekali, apalagi kalau dingin. Tak lama beristirahat , Kami melanjutkan perjalanan ke Makam Raja Mataram di Kota Gede

Ziarah Ke Makam Raja Mataram Di Kota Gede

Sejujurnya dulu banget pernah kesini, tapi belum pernah masuk kompleksnya. Baru sampai Mesjid Gede Mataram. Disini dimakamkan Raja pertama Kerajaan Mataram Islam, yaitu Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati, lalu Raja kedua, Mas Jolang atau Panembahan Hanyakrawati.

Bapak dari Panembahan Senopati, yakni Ki Ageng Pemanangan , Raja Pajang, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya juga dimakamkan di Makam Raja Kotagede ini.

Masuk kedalam kompleks ini ada aturannya , kalau lelaki harus pakai pakaian abdi dalem berupa jarik dan blangkon, yang perempuan pakai kemben, kain jarik dan tak boleh memakai jilbab. Tidak boleh memotret, tidak boleh memakai alas kaki. Di dalam Kami berziarah dan berdoa kepada Tuhan YME dalam suasana yang shadu. Serasa tidak berada di tahun 2021 saking bedanya.

sebuah pengalaman berkesan bisa berkunjung kesini, bayangkan Kami bisa berziarah ke makam para pengubah nasib cerita di pulau Jawa di masanya.

Malamnya Kemi semua hadir di Stadion Manggala Krida untuk menonton acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang meriah dengan memperlihatkan aneka macam penampilan dihadiri Bapak Sandiaga Uno. Para tamu undangan menumpang kereta yang dihias sedemikian rupa, lalu menjelajah cerita berbagai panggung Semar Boyong, tema tahun ini.

Merayakan Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke 265 !

TemenAip juga bisa ikut merayakan Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke 265 di rumah dengan cara menonton Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) sebagai puncak rangkaian peringatan HUT Ke-265 Kota Yogyakarta ia YouTube channel ini, seru banget lho, silakan

https://youtube.com/channel/UC6zORYhctlaHDsgmYoBDnhQ

2 comments

  1. Happy birthdaaaaay kota kesayangankuuuu buat liburan :D. Ga nyangka umur udah 200an ajaaa :D. Semoga makin maju, kuliner enaknya makin buanyaaaaak, dan hotel2 lucuuuk yang murah juga makin menjamur :D. Kangeeen jogjaaaa aku ❤️❤️

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.