Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Gimana liburan Lebarannya ? Semoga lancar dan berkesan ya, senang sekali bisa melaksanakan mudik dan berbagai tradisi Hari Raya lainnya. Kalau Saya, beberapa hari sebelum Lebaran malah sibuk mengurus perpanjangan Paspor di Kanim Jakarta Timur.

Perpanjang Paspor di Kanim Jakarta Timur Ariefpokto.com

Paspor Kadaluwarsa Di 2021

Selama pandemic otomatis tidak ada perjalanan keluar negeri. Ada beberapa kunjungan ke Singapura yang biasa dilakukan dipastikan batal. Pertama karena lockdown, lalu karena ribetnya berbagai persyaratan, dan yang terakhir karena faktor biaya yang meningkat. Mana Paspor itu belum penuh capnya, soalnya terakhir bepergian bulan November 2019 ke Singapura. Sedih kan, gak kepakai. Tapi ya gimana lagi, kondisinya gitu.

Karena itu paspor menganggur di lemari dan akhirnya kadaluarsa di Oktober 2021. Sempet kepikiran bakalan bisa ke luar negeri lagi gak ya ? Karena begitu banyak dinamika situasi dan peraturan di kala pandemi ini.

Memberanikan Diri Memperpanjang Paspor

Melihat situasi dan kondisi lebih mudah untuk bepergian ke luar negeri , akhirnya muncul ide untuk memperpanjang paspor, siapa tau kan ada kesempatan main lagi ke negara lain, bisa langsung cuss gitu tanpa harus ribet lagi ngurusin paspor. Mending sedia paspor sebelum bepergian ke luar negeri kan.

Persyaratan Perpanjangan Paspor

Dulu kalau mau perpanjangan paspor agak ribet karena mesti menyediakan surat-surat hampir mirip dengan buat paspor baru. Tapi sekarang mau perpanjang paspor syaratnya simpel.

  1. Paspor Lama
  2. E-KTP
  3. Membayar Biaya Pembuatan Paspor
  4. Bawa Screenshot Nomer Antrian Pendaftaran M-Paspor ( APAPO )

Jangan lupa buat fotokopi dari Paspor dan E-KTP ya nanti diminta soalnya. Nanti pas masuk ke meja pendaftaran Kita akan diminta mengisi formulir dan surat pernyataan yang nanti akan ditandatangani di atas materai. Jadi jangan lupa bawa materai Rp.10.000 juga.

Sementara untuk membuat paspor baru persyaratannya adalah :

  • KTP beserta fotokopinya.
  • Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopinya.
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis beserta fotokopinya.
  • Surat pewarganegaraan Indonesia buat orang asing yang menjadi warga negara Indonesia.
  • Buat yang ganti nama, bawa surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang.
  • Paspor lama, khusus untuk yang ingin menukar dari paspor biasa ke e-paspor.

Biaya Pembuatan Paspor

Untuk Biaya pembuatan Paspor di tahun 2022 , harga untuk Paspor Biasa 48 halaman baik pembuatan baru / penggantian habis berlaku biayanya Rp. 350.000, sementara untuk E-Paspor Rp.650.000

Perkara Mengantri Online

Sejak lama system mendaftarkan permohonan membuat paspor dibuat secara online supaya mempermudah antrian dan tidak terjadi tumpukan antrian yang menyebalkan.

Untuk mendapatkan nomor antrian pengurusan paspor, bisa pakai aplikasi M-Paspor, bisa juga di situs web antrian.imigrasi.go.id

Idealnya supaya pelayanan lebih focus dan juga tidak mengakibatkan antrian yang panjang.

Hanya saja, proses mencari nomor antrian menjadi salah satu peer yang bikin ribet karena aplikasi M-Paspor yang selalu tidak berfungsi dengan baik. Muter aja ga bisa berlanjut. Padahal kita harus memasukan beberapa data dan juga foto untuk mengikuti prosedurnya.

Sempet bikin frustasi karena ga berhasil melulu. Sementara Saya lihat di dunia maya banyak orang dengan sukses dan mudah menggunakan aplikasi ini. Tapi yang gagal seperti Saya juga ada.

aplikasi Antrian Paspor Online Ariefpokto

Akhirnya Saya pakai aplikasi APAPO yang berwarna merah itu. Alhamdulillah bisa mendapatkan nomor antrian. Dengan catatan, antriannya dimulai setiap hari Jumat jam 14.00 sampai dengan Hari Minggu jam 16.00. Disana kita bisa memilih Kantor Imigrasi sesuai dengan yang kita inginkan.

aplikasi Antrian Paspor Online Ariefpokto

Sayangnya entah kenapa Saya tidak bisa menemukan aplikasi ini di Playstore maupun App Store. Hilang aja gitu, padahal tadinya mau kirimin link buat teman yang mengalami kesulitan juga.

Alhamdulillah nya Saya dapat antrian di Kanim Jakarta Timur di Hari Selasa 26 April 2022 Jam 10.00 WIB.

Perpanjang Paspor di Kanim Jakarta Timur

Sesuai dengan jadwal, Saya mendatangi Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jakarta Timur yang berada di Jl. Bekasi Timur Raya no 169, Cipinang Besar Utara , Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur 13410. Lokasinya dekat Lembaga Pemasyarakatan Cipinang.

Kalau datang ke Kantor Imigrasi pakaian harus rapi ya, pakai kemeja, sepatu, apalagi mau difoto buat paspor. Jangan pakai kaos dan sendal.

Buat paspor di Kanim Jakarta Timur Ariefpokto

Sempat menyesal lihat beberapa orang memakai baju batik, keren juga pakai baju batik buat difoto paspor.

Saya langsung datang ke meja informasi menyerahkan persyaratan. Ternyata Saya masih harus mengisi formulir dan juga mengisi Surat Pernyataan yang harus ditandatangani menggunakan materai Rp.10.000. Jangan lupa bawa ya TemenAip, kalau mau beli ada sih di tempat fotokopian beberapa toko sebelah.

Setelah mengisi formulir dan mengisi Surat Pernyataan, lalu Saya serahkan di  meja penerimaan.

Lalu Saya dipersilakan menunggu di lantai dua.

Ruangannya luas, dan diberlakukan social distancing. Nyaman , adem karena ACnya berfungsi maksimal.

Tak lama menunggu Saya dipanggil melalui mesin antrian ke meja tempat foto dan interview.

Saya ditanya membuat Paspor untuk kebutuhan apa ? Saya jawab buat jalan-jalan ke Singapura. Walaupun sejujurnya saya belum punya tanggal pasti kapan berangkatnya.

Tak lama Saya pun diambil fotonya. Setelah berpose, lalu di scan sidik jari mulai dari jempol sampai kelingking untuk keperluan mengisi data biometrik.

Setelah selesai Saya dipersilakan membayar biaya E-Paspor senilai Rp.650.000 di Mobil Kantor Pos yang berada di area parkir Jakarta Timur. Sebenarnya bisa membayar online pakai Bank BCA, BNI, BRI atau Mandiri, tapi Saya kadung sudah menarik sejumlah uang dari ATM jadi sekalian saja.

Setelah membayar, Saya mendapatkan tanda terima yang akan dipakai untuk pengambilan paspor nantinya.

Idealnya paspor selesai selama 3 hari kerja, tapi karena Saya memprosesnya sebelum libur lebaran, makanya waktunya jadi lebih panjang. Tapi Saya tenang saja sih, lagian ga terburu-buru juga.

Pengambilan Paspor

Pada tanggal 9 Mei 2022, Saya mendapatkan pesan Whatsapp berisikan informasi “No Perm 113900000016XXXX an. ARIEF RACHMAN ,Paspor Anda sdh dpt diambil di IMIGRASI JAKTIM Sen-Jum 08.00-15.00Abaikan jika sdh diambil. Terima kasih”

Membawa tanda terima Saya lalu masuk antrian khusus pengambilan dengan cara memasukan nomor yang tertera di surat pengambilan.

Tak lama menunggu, Paspor baru Saya terima bersama paspor lama.

Sekarang sudah siap Aiptrip ke Luar negeri lagi deh. Mau kemana Kita ?

15 comments

  1. Senang sekali, kini pasport sudah kembali berlaku dan siap menjelajah bumi Allah kembali.
    Mengurus perpanjangan paspor yang mudah dan semoga lancar semua rencana ke depannya, kak Aiep.
    Menanti kisah perjalanan kak Aiep.

  2. kemarin antran pake yang percepatan sih, nambah biaya 1 juta karena lagi butuh cepat ternyata ada drama paspornya ada bercak dan dikategorikan rusak serta harus diproses penyelidikan, padahal paspor udah ngga dipake dan mati hampir 2 tahun. Waduhhh ngga jadi percepatan dan nambah biaya 500ribu. Mau bikin yang e paspor ternyata ngga bisa cetak di Pontianak, jadi yang biasa deh. total abis 850 ribu

  3. Aku juga baru bikin paspor baru Kang Aip eh nggak lama kemudian pandemi, ya menganggur.. semoga ada kesempatan dan rezeki untuk bisa ke luar negeri lagi aamiin..

  4. Aku Sept besok ke Iran soalnya, dan pasport udh exp . Memang harus bikin baru. Tapi ya itu, planning abis liburan sekolah anak. Krn ada rencana mau liburan ke luar kota dulu.

    Itu bener2 sih aplikasi m pasport memang nyebelin banget. Trakhir temenku pake, akhirnya dia LGS dtg ke Kanim Jaksel, dari abis subuh. Ngomel2 anaknya. Lagian dari zaman dulu kok ya aplikasinya ga dbagusin gitu. Udah tau pasti banyak dipake orang

  5. Jiaaaah kok bisa Yaa apapo ga ada lagi?? Tapi sebenernya bisa ga sih mas kalo pangsung datang aja ke Kanim yg sepi misalnya, utk langsung bikin? Soalnya yg aplikasi m pasport itu memang suka eror deh. Sebel aku.

    Aku kan mau ke Sibolga Juni ini. Kepikiran kalo bikin di sana aja gimana, langsung datang . Soalnya ada yg bilang kalo Kanim yg sepi di daerah, bisa LGS DTG gitu ..

  6. Wah. Thanks for sharing mas. Sy jg pgn perpanjang paspor tp masih blm smpt wkwkkwkw. Jd semangat deh cepet2 ngurus perpanjangan krn baca blognya maa Arief.

  7. Paspor itu, terutama untuk travel blogger, sebaiknya emang segera diperpanjang begitu kadaluarsa. Jadi begitu ada panggilan traveling ke luar negeri, sudah gak pakai urus ini itu lagi. Jadinya lebih santai. Semoga gak ada pandemi lagi, syarat-syarat yang ribet untuk masuk ke suatu negara juga diangkat semua. Dunia perlu healing dengan membuka pintu semua negara untuk penduduk negara lain. Amin πŸ™‚

  8. Kalo antrean online ..,. semoga berlaku juga di Makassar … saya pernah dengar sih bisa daftar online tapi kalo antre, saya tidak tahu. Pernah punya pengalaman antre online tapi untuk urus NPWP … antrean online-nya percuma karena sampai kantornya, tetap harus antre offline πŸ˜€

    1. Sama di Makassar, untuk pengurusan paspor baik perpanjangan sampai pengambilan paspor yg sudah jadi bisa dilakukan secara online. Alhamdulillah lebih lancar dibandingkan dengan datang langsung ke kantornya. Eh, malah tidak diladeni kalau belum daftar online.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.