Hello TemenAip! Apa Kabar?  Kali ini mau ngajak jalan-jalan seru yang tidak biasa. Gak keluar dari Kota Jakarta, tapi efeknya se-Indonesia! Bikin penasaran kan? Kali ini mau ngajak jalan-jalan Kunjungan ke Studio ANTV! Widih, ngapain kesana? Selain mau sharing soal pengalaman kunjungan ke studio TV, sekalian kenalan sama program baru ANTV yang bekerja sama dengan RANS Entertainment, Koplo Superstar.

Jalan-Jalan Ke Studio BSC 2

Studio BSC 2 Koplo Superstar- Ariefpokto.com

Jadi ANTV itu punya studio lain selain yang di Menara Episentrum Kuningan yaitu studio tempat memproduksi aneka macam produk siarannya di Studio BSC 2 yang terletak Jalan DI. Panjaitan Kavling 24, Cawang, Cempedak, RT.11/RW.2, Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13340. Kita bisa naik Trans Jakarta jurusan PGC, bisa berhenti dekat studio ini.

Sebelum masuk Studio Koplo Superstar Ariefpokto.com

Disini ada beberapa gedung besar yang menjadi lokasi shooting Koplo Superstar. Ada banyak peserta yang sudah siap dengan dandanan terbaik untuk audisi menjadi Koplo Superstar. Pengamanan yang ketat tidak membiarkan orang yang tidak memiliki urusan disana untuk masuk.

Berbagai lokasi dalam Gedung ini full brandingan dari acara Koplo Superstar, mulai dari banner, backdrop dsb menandakan acara ini siap digelar.

Ada dua studio yang Saya kunjungi yaitu Studio untuk audisi Koplo Superstar dimana para kontestan memamerkan kemampuannya di depan juri dan satu lagi studio tempat para kontestan diwawancara oleh host, kala itu Raffi Ahmad dan Wika Salim.

Studio Koplo Superstar- Ariefpokto.com

Para crew  sibuk bekerja. Ada Cameraman , yang mengarahkan talent, ada yang mengurus pencahayaan dan banyak lagi. 

Suasana studio Koplo Superstar Ariefpokto.com

Masuk dalam studio harus tertib, gak boleh berisik dan mengganggu jalannya shooting. Udaranya dingin sekali. AC nya pasti disetel maksimal. Salut sih dengan para talent dan crew acara Koplo Superstar harus bekerja dalam suhu ruangan yang dingin dalam waktu yang lama.

Suasana studio Koplo Superstar Ariefpokto.com

Set-nya keren aesthetic dan berwarna sekali, pastinya bagus sekali nanti saat di Televisi, warna-warnanya cerah. Belum lagi lighting atau pencahayaan yang sangat terang ke arah yang sedang di shooting.

Selain mengunjungi studio, Saya juga berkesempatan mengunjungi ruang backstage untuk berjumpa dengan juri dan host Koplo Superstar lho.

Eh tapi jadi penasaran kan sama program baru ANTV Koplo Superstar? Yuk kenalan dulu.

Koplo Superstar

Penasaran juga selama ini suka denger musik Koplo di Aplikasi Tiktok, banyak sekali musik Koplo mendadak jadi Hits gara-gara FYP di aplikasi ini. Imej Musik pinggiran yang selama ini hanya dinikmati masyarakat menengah ke bawah perlahan secara pasti makin naik sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

Bahkan dipakai juga sebagai musik latar akun Tiktok berbagai negara di dunia karena ketukannya yang ceria dan enak buat dipakai bergoyang. Musisi Koplo yang sudah malang melintang seperti Nella Kharisma, Via Vallen, Denny Caknan, Happy Asmara, Denny Caknan, Ndarboy Gank membawakan lagu seperti Sayang, Mendung Tanpo Udan, Los Dol, Satru, Jaran Goyang dll.

Mungkin nama dan lagu di atas tidak begitu familiar. Tapi pas didengerin lagunya pasti auto kenal karena Kita sering dengar.

Musik yang lahir di Jawa Timur ini makin digemari masyarakat luas dan citranya semakin membaik karena makin sering dipakai di media sosial bahkan sampai ke berbagai negara.

Ariefpokto di Studio Koplo Superstar

Koplo Superstar adalah Ajang kompetisi pencarian talenta penyanyi baru di industri musik genre koplo pertama dan terbesar di Indonesia.

Melalui program Koplo Superstar ini nanti akan lahir penyanyi baru yang akan mewarnai musik koplo, serta mampu eksis, melahirkan banyak karya, mampu berkompetisi dan bersaing di industri musik Indonesia.

 Audisi onlinenya pun sudah dimulai dari tanggal 23 Mei 2022 hingga 16 Juli 2022 melalui https://www.intipseleb.com/koplo-superstar. Sedangkan untuk audisi offline sudah dilakukan di Surabaya, Yogyakarta, Bandung.

Kota pertama audisi offline yaitu Surabaya di Kaza Mall pada tanggal 25 Mei 2022 yang dihadiri langsung oleh Raffi Ahmad. Kota kedua audisi offline yaitu di Yogyakarta tepatnya di Sleman City Hall pada tanggal 2 Juni 2022 yang dihadiri oleh Denada. Dan kota ketiga dan terakhir audisi offline yaitu Bandung di Miko Mall Kopo pada tanggal 16 Juli 2022 yang dihadiri oleh Iyeth Bustami.

Beberapa persyaratan pendaftarannya yaitu berusia minimal 15 tahun, berpenampilan menarik atau unik, memiliki kemampuan vokal yang bagus dan goyang andalan. Selain itu juga wajib memiliki akun sosial media Instagram atau Tiktok dan tidak di private, tidak sedang terikat dengan perusahaan rekaman atau manajemen artis dan sudah di vaksin minimal dua kali.

Dan ada persyaratan khusus untuk pendaftaran online yaitu peserta diwajibkan membuat 2 video cover menyanyi dengan 2 judul berbeda dan bernada koplo, lalu unggah di Instagram Feed atau Tiktok atau keduanya dengan deskripsi: JUDUL LAGU #KOPLOSUPERSTAR(spasi)NAMA(spasi)ASAL KOTA.

Host Koplo Superstar

Acara ini akan dipandu oleh Raffi Ahmad, Rina Nose, Wika Salim & Marshel Widianto. Keempat pesohor ini pastinya akan meramaikan suasana dan juga membuat acara Koplo Superstar ini lebih seru dan entertaining.

Saya sempat mengobrol dengan Raffi Ahmad di Studio BSC 2 disela-sela shooting Koplo Superstar ini. Menurutnya, Koplo disukain masyarakat Indonesia. Harapan semoga bisa melahirkan bintang Koplo baru yang muda, punya goyangan viral yg gampang diikuti dan bisa eksis di blantika musik Indonesia.

Raffi Ahmad Host Koplo Superstar- Ariefpokto.com

Selain menjadi seorang host, Raffi juga punya kemampuan menjadikan segala sesuatu yang dia ikuti menjadi emas dan popular.

Marshel Widianto Host Koplo Superstar- Ariefpokto.com

Sempet juga jalan-jalan ke area ruang ganti para host dimana Saya ketemu sama Marshel Widianto yang amat senang dipercaya menjadi host, karena ini pengalaman pertamanya menjadi host dalam sebuah acara TV. Orangnya kocak dan humble banget, bawaanya ketawa melulu ngobrol sama Marshel. Disela-sela obrolan, dia sempat-sempatnya ngasi kopi ke Saya.

Marshel senang menjadi pengalaman pertama jadi Host. Koplo asli Indonesia, dimana lagu luar negeripun bisa dikoploin. Pesan Marshel “Jangan malu dengan karya negeri sendiri”. Lagu Koplo dia senangi adalah Deny Caknan seperti Omah teles dll. Koplo Superstar adalah Acara terbesar memberi wadah untuk musik Koplo yg dianggap murahan menjadi lebih diterima masyarakat. Semakin banyak yg suka bisa berdamai dengan diri sendiri.

Rina Nose si host serba bisa yang lucu dengan keahlian meniru banyak orang pastinya bakal nambah acara ini makin seru.

Ditambah Wika Salim yang cantik dan juga memiliki pendapat sendiri melengkapi host.

Juri Koplo Superstar

Juri Koplo Superstar

Juri Koplo Superstar terdiri dari Pasha Ungu, Iyeth Bustami, Denada & Thomas Djorghi. Semuanya punya pengalaman dan peran yang penting dalam menentukan peserta mana yang layak maju ke babak selanjutnya dan akhirnya menjadi seorang Koplo Superstar!

Pasha Ungu, vokalis band terkenal di Indonesia bisa berkontribusi memberi masukan pada peserta bagaimana menjadi seorang frontliner yang bisa membius penonton. Pengalaman manggungnya bisa menjadi inspirasi para kontestan nanti.

Iyeth Bustami si penyanyi serba bisa. Dari aliran jazz, Dangdut, Pop sampai Melayu adalah juri yang kompeten di bidang Teknik Vokal. Telinganya yang tajam pasti bisa memindai Teknik vocal peserta yang tampil di hadapannya.

Denada & Iyeth Bustami Koplo Superstar Ariefpokto.com

Denada , seorang entertainer multi talenta yang pernah merambah dunia musik mulai dari Rap, Pop sampai dangdut, dan juga jagoan joget Jaipong, dan terakhir menekuni dunia Zumba.

Saya berjumpa dan ngobrol dengan Thomas Djorghi di ruangan backstage Koplo Superstar. Thomas yang sudah berada 34 tahun di industri hiburan, melakukan persiapan menjadi juri, mulai dari mempelajari musik Koplo, bagaimana musiknya dan jogetnya seperti apa? 

Sebagai Juri, Thomas mencari paket lengkap. Bukan hanya jago nyanyi, jogednya harus keren dan penampilan seru, kontestan harus pandai membawa diri, bisa bekerjasama, dan siap jadi artist. 

Thomas Djorghi – Juri Koplo Superstar – Ariefpokto.com

Thomas ngasi Tips Supaya Tetap Exist yaitu dengan cara harus terus meremajakan diri dan selalu memberi yg terbaik. Jangan stuck disitu. Ikut trend. Dari segi penampilan, musik mesti terus diremajakan. 

Thomas bilang Jangan ikuti yg udah ada. Seorang penyanyi harus punya ciri khas. Jangan meniru yang sudah duluan. Begitu pula dengan jogetnya, mesti bisa ciptakan sendiri sesuai irama dan alami. Musik dan goyangan harus kawin. Sebagai seorang artis yang pernah terkenal dengan Goyang Sembako Cinta, pastinya tips ini bisa dimanfaatkan oleh para peserta nanti.

Dari segi vokal yg udah ada jangan ditiru. Sebagai bintang harus punya karakter vocal. Supaya mudah diingat orang.

Sebagai superstar juga harus kuat mental dan tahan mendapat serangan dari netizen. Tips tahan bully dari Thomas Djorghi jadilah orang sewajarnya. Jangan dilebay-lebayin karena semakin wajar semakin sukses.

Peserta Koplo Superstar

Makdon & Riana Kontestan Koplo Superstar- Ariefpokto.com

Waktu di Studio BSC 2, Saya berjumpa dengan beberapa orang peserta Koplo Superstar

Yang pertama ada Riana Dari Sleman. Dia memakai kostum Satpam. Wajahnya cantik dan percaya diri sekali. Riana ingin jadi Koplo Superstar dan memiliki khas Goyang Undur-Undur dan juga memiliki suara merdu saat menyanyi.

Ada juga Mak Don dari Jogja. PD nya selangit, walau sudah berumur tapi Mak Don merasa segala bisa, bisa nyanyi dan nari bisa Wayangan dan joget gitu juga bisa. Joget andalannya adalah joget icikiwir. Mempersiapkan penampilan lagu ABG tuwir. Supaya sesuai Mak Don pakai kostum bocah tua Nakal.

Kontestan Koplo Superstar Ariefpokto.com

Lalu ada Slamet dari Trenggalek. Dia adalah penyandang disabilitas. Alasan ikut audisi Koplo Superstar ialah karena bisa nyanyi dan suka bikin lagu. Untuk audisi Slamet akan menyanyikan lagu Ngelali milik Deni Caknan. Mengikuti audisi di Surabaya, Slamet akhirnya bisa melaju untuk audisi di Jakarta.

Jadi penasaran kan gimana acara Koplo Superstar ini? Seru juga sih sekejap bisa berada dalam lingkungan dunia entertainment yang selama ini Kita hanya bisa lihat di televisi.

Semoga Jalan-jalan ke lokasi shooting Koplo Superstar kali ini bisa menjadi inspirasi soal bagaimana gambaran acara Televisi, khususnya Koplo Superstar.

14 comments

  1. Kalo mau nonton acara koplo superstar caranya gimana kak? Malem ini ada Farel Prayoga, anak saya ngefans banget. Siapa tau gitu bisa nonton langsung Farel nyanyi.

  2. wah seru banget mas bisa berkesempatan mengunjungi lokasi syuting dan ketemu sama para artis dan pesertanya. musik koplo ini memang salah satu musik khas kita ya yang disukai banyak kalangan. semoga acara ini bisa melahirkan bintang koplo yang berkualitas

  3. Seru bgt ya acara ini. Banyak seleb papan atas. Tnyata blogger & influencer banyak yg diundang ke acara ini. Jadi penasaran sm peserta2 alias calon superstar yg ikutan.

  4. Pesertanya datang dari jauh yaaa. Seru banget sih Bang Aip pengalamannya mampir ke studio milik ANTV . Mungkin si AC disetel maksimal biar peralatan yang dipakai tetap dingin walaupun lama nyalanya kali ya.

  5. Seru banget Kang AIP langsung ke TKP.
    Apalagi ketemu Marshel juga ya, kocak dah pastinya.
    Sukses terus buat acaranya ANTV, pastinya buat para peserta jadi pengalaman berkesan ya

  6. Wiss asik ya Kang datang langsung ke lokasi audisi Koplo Super star. Ini seperti pencarian bakat Indonesia Idol ya, seru bisa ke tempat audisi Koplo Super star terlebih melihat para peserta dan juri2nya yg kocak nih

  7. asyik bisa lihat langsung tempat shooting
    selama ini saya cuma denger kisah dari teman2, tentang studio acara Koplo Superstar
    juga studio shooting sinetron
    excited banget ya?

  8. wah ada acara semacam indonesia idol gitu tapi unutk musik koplo, menarik. semoga ga banyak gimmick2 kaya acara cari bakat dangsut sebelah dan melahirkan banyak2 bintang yang sesuai yaa

  9. Memang seru banget lho Kang Aip, jalan-jalan ke ‘behind the scene’ sebuah acara televisi itu. Sebuah perjalanan yang gak bisa tapi tetap nambah insight khususnya dunia showbiz. Salam buat Iyeth Bustami, kang.

  10. Wah gokil juga ya ada audisi koplo star ini, musik pinggiran yang selama ini jadi hiburan masyarakat elit kini dapat panggung. Semoga seniman-seniman pinggiran juga turut menikmatinya ya. Jadi nggak cuma artis-artis besar yang nebeng demi mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya.

  11. Wah baru tau kali ini proses dari pemiihan koplo super star. Istilah kerennya dibalik layar dari gemerlapnya seorang pemenang koplo super star. Keren banget yach cara pemilihannya, jurinya dan proses yang super ketat.

  12. Wah seru banget ya ini. Kok bisa berkesempatan datang ke lokasinya, Kak?
    Enak ya itu jadi bisa ketemu banyak artis dan peserta yang hadir.
    Aku baru tau ada acara Koplo Superstar ini.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.