Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Semoga baik-baik saja ya. Ada kabar baik buat pengguna kereta Bandara, karena ada pilihan baru moda transportasi bagi yang mau melanjutkan perjalanan dari Stasiun BNI City menggunakan Commuterline alias KRL. Sekarang bisa langsung naik lho !

KA BANDARA ARIEFPOKTO

Stasiun BNI City

Ariefpokto di Stasiun BNI CIty

Kalau dulu Stasiun BNI City diperuntukan khusus buat Kereta Bandara , sekarang peruntukannya ditambahkan menjadi Stasiun Commuterline juga. Sebuah berita yang lumayan bikin heboh dunia perKRLan , karena selama ini stasiun yang nuansanya lebih eksklusif ini diperuntukan khusus buat Kereta Bandara saja.

Ujicoba Mulai 30 Juli 2022

Mulai Hari Sabtu, 30 Juli 2022 KAI Commuter akan melakukan ujicoba operasi Stasiun BNI City menjadi stasiun KRL untuk pelayanan naik dan turun penumpang dimana sebelumnya di Stasiun BNI City hanya melayani perjalanan KA Bandara relasi Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP yang dikelola oleh KAI Bandara.

Stasiun ini akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai. Sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara. Dengan lokasi diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

Stasiun KRL BNI CIty

Ujicoba akan berlangsung selama seminggu setelah melalui perencanaan. Nantinya akan dievaluasi untuk perkembangan selanjutnya.

Fasilitas Stasiun BNI City

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan bagi para penumpang KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Kalau penumpang KA Bandara gimana? Fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama, bisa membeli tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan website.

Fasilitas-fasilitas penunjang lain seperti lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, musholla, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor dan area komersil. Stasiun ini terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta , jadi layanan antar moda cukup komplit.

Perpindahan Antar Moda

Stasiun BNI City menjadi Stasiun KRL

Untuk memudahkan perpindahan antar moda bagi penumpang Commuterline yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program Tap N Go. Penumpang Commuterline cukup tap KMT maupun kartu prepaid Perbankan di Gate KA Bandara dengan memastikan minimal saldo Rp. 70.000 (harga relasi terjauh). 

Bagaimana Dengan Stasiun Sudrman Dan Stasiun Karet ?

Stasiun BNI City terletak di antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet. Nantinya dalam uji coba pengoperasian Stasiun BNI City ini, pelayanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal.

Diah Suryandari, Public Relations KA Bandara & Anne Purba , VP Corporate Secretary PT KCI , MC Akbar Sibarie

Oiya, Kata Ibu Anne Purba , VP Corporate Secretary PT KCI mengatakan kalau isu Stasiun Karet akan ditutup itu hoax semata.

Stasiun BNI City diprediksi akan melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan.

KAI Commuter juga memprediksi volume pengguna yang akan beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman sebanyak 40% dan 30% pengguna dari Stasiun Karet.

Saat ini, tercatat volume rata-rata pengguna tiap hari di Stasiun Sudirman sebanyak 16.232 orang, sedangkan volume rata-rata pengguna pada masa sebelum pandemik sebanyak 25.083 orang per harinya.

Sementara itu rata-rata volume pengguna di Stasiun Karet pada saat ini sebanyak 6.528 orang per hari, sedangkan sebelum masa pandemik sebanyak 11.365 orang perhari.  

Kenapa Stasiun BNI City Dijadikan Stasiun KRL ?

Menurut Ibu Anne, stasiun ini ditambahkan fungsinya menjadi stasiun KRL untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan. Contohnya pengguna Kereta Bandara yag selama ini harus berjalan kaki ke stasiun Sudirman bisa jadi lebih mudah naik KRL, tinggal naik turun tingkat saja.

Selain itu untuk mendukung program integrasi antar moda yang selama ini direncanakan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Pastinya bakal membantu para penumpang baik penumpang Kereta Bandara dan juga penumpang Commuterline atau KRL yang bisa menjangkau lokasi terfekat di area Stasiun BNI City ini

Nonton video Kereta Bandara yuk disini

dan bisa juga nonton disini

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.