Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Kulineran adalah jalan ninjaku pas Aiptrip. Paling seru kan kalau Kita datang ke daerah baru dan mencicipi kulineran khas daerah itu. Secara menu ada yang biasa, ada juga yang luar biasa.

Karena banyak yang menurut daerah itu adalah makanan biasa. Di bagian dunia lain, jadinya luar biasa.

Selama Aiptrip ke berbagai daerah dan negara, sering juga sih Saya menemukan aneka makanan yang tidak lazim untuk dikonsumsi di lingkungan Saya tinggal. Dengan prinsip kapan lagi kesini alias FOMO, maka mau tak mau harus dicicipi lah makanan itu kan. Selain penasaran sekalian pengen merasakan uniknya makanan atau kuliner daerah lain.

Beef Carpacio di Vernon Perancis

Jadi pada suatu ketika Saya berada di Kota Vernon, Normandie Perancis. Saya berkesempatan makan malam di sebuah hotel yang Saya lupa namanya. Jadi karena makannya bufet , terpukau lah dengan aneka hidangan yang sudah ditata cantik di meja. Setelah bolak balik makan roti, keju dan buah-buatan, perhatian tertuju pada lembaran tipis berwarna merah dengan dressing di atasnya.

Pas Saya nanya ke waiter, bahasa Inggris nya Saya ga gitu paham, sementara Bahasa Perancis Saya juga dasar banget, jadi yang jelas Saya dengar adalah kata Boeuf yang berarti daging Sapi. Uh Yeah, excited banget bakal maka maka daging sapi karena sebelumnya agak jarang, cari yang vegetarian atau ayam atau kalkun terus karena di Perancis banyak jebakan B2. Apa-apa dipakain Daging Babi, sampai sosis, salad, ham dan bacon bergelimpangan dimana-mana.

Pas Saya perhatikan makanannya cantik sekali, lapisan demi lapisan diatur sedemikian rupa di atas piring. Saya pikir mesti dimasak dulu kan, tapi pelayan bilang eat-eat. Langsung makan aja kali gitu deh. Saya nyari saus sambal ga ada  ada. Hanya ada potongan daging segar berwarna merah yang diiris sangat tipis dengan dressing di atasnya .

Saya santap potongan daging sapi mentah yang tipis itu. Rasanya ternyata enak ada asam, manis dan gurih dari sausnya.

Dagingnya bertekstur lembut dan tidak alot. Mudah dikunyah dan enak kok.

Mungkin tidak semua potongan daging sapi bisa dibuat Carpaccio .

Saya tidak habis banyak karena lebih memilih hidangan lain. Ayam Panggang yang tergeletak menggoda di ujung meja. Mending itu aja deh hahahah.

Tapi lumayan dapat pengalamannya ya kan.

Uni atau Sea Urchin Hidup Di Pulau Bira Besar

Mungkin pernah pada baca pengalaman Saya keinjek bulu babi di Gorontalo. Bisa dibaca di

https://ariefpokto.com/2021/04/30/pengalaman-tertusuk-bulu-babi/

Bulu Babi Muda Gorontalo

Dan mungkin sebenarnya itu adalah dendam dari sodaranya yang Saya makan di Pulau Bira Besar , Kepulauan Seribu.

Waktu sedang Island Hopping di Kepulauan Seribu. Nah pas snorkeling tiba-tiba guide nya ngambil beberapa ekor bulu babi dengan Duri hitam yang tajam-tajam.

Tentulah Saya takut secara mahluk ini adalah musuh nyata dalam hidupku.

Tapi dengan pedenya sang Guide memukul bulu babi itu dengan kayu untuk menghilangkan  durinya.

Lalu dibelah dua menggunakan pisau lipat. Terlihatlah isi badan sang bulu babinya.

Terlihat bagian dalamnya yang orange membentuk seperti bintang.

Lalu Saya disuruh makan!!

Awalnya takut tapi ya gimana penasaran kan. Rasanya kayak apa. Suka liat juga di restoran Jepang dengan sebutan Uni. Katanya salah satu makanan paling enak sedunia!

Tapi Saya ga pernah pesan Uni karena harganya mahal sekali . Hahahah. Jadi karena faktor ekonomi TemenAip, bukan FOMO kalau di restoran Jepang .

Pas Saya cicip pakai pisau bagian dalam si Bulu Babi ini, terjadi ledakan rasa di lidah.

Satu kata yang langsung teringat adalah LAUT! Rasanya asin, gurih dan yang pasti karena masih segar, enak sekali. Beneran Lezat.

Siang itu Saya habis makan 2 ekor. Hahhahahha.

Musuh itu Saya makan di atas perahu yang sedang diayun ombak laut . Takkan terlupa pengalamannya.

Makan ekstrim seperti ini masih Saya alami beberapa kali lagi. Nanti lanjut ke bagian 2 yaa.

8 comments

  1. ya Allah saya baru tau isi dalam bulu babi, dan ternyata bisa dimakan! :))) musuhnya sama dengan musuk ibuku, ibu juga pernah terinjak bulu babi ini dan sembuhnya lumayan lama. sampai sempat menimbulkan kekhawatiran kalau ke pantai, “nanti nyemplung pakai sendal jepit ya, takut ada karang tajam dan bulu babi”, hehe.. btw teksturnya tampak lembut ya isi bulu babi itu. kenyal kah?

  2. Wah, jadi ikut penasaran mencobai dua menu di atas. Tapi, kalo rasanya gimana-gimana, kalo saya seringnya netralin pake kopi hitam tanpa gula.
    Dah lah, bisa bantu rasa kebas pada lidah.
    Jadi bisa siap-siap lagi terima tantangan kuliner unik serta khas lainnya

  3. Wah ternyata bener ya, bener-bener bisa dimakan bulu babi ini. Saya sering sekali melihat di tv-tv atau restoran sering menyajikan ini. Nah saya pikir itu bukanlah bulu babi yang ada dilaut, melainkan makanan yang dibuat mirip seperti bulu babi. Tapi ternyata apa yang saya pikirkan salah, ternyata itu bener-bener bulu babi. Rasa penasaran saya selama ini akhirnya terpecahkan, haha.

  4. Dimakan mentah-mentah gitu gpp ya mas si bulu babinya? Pernah denger sih memang, makanan laut kalau segar itu rasanya enak, cuma masih nggak kolu kalau mau makan yang mentah-mentah gitu.

    Anyway, yang daging sapi itu…reminds me sama satu episode Mr.Bean ketika blio makan di sebuah resto Perancis

  5. Wahh asyik banget traveling ke Prancis lalu ternganga ketika melihat beef carpacio yg mentah wkwkwk ituu rasanya kayak sashimi gak Kak? BTW emang bener ya kalo di sana gak ada saos/sambal karena chefnya lebih menonjolkan rasa asli makanan dan malah marah kalau ada pengunnung resto yg kasih sambal ke makanannya?

    Haiyaa bulu babinya juga mentah, astagaa.

  6. Honestly aku penasaran banget sama sea urchin lo mas geli sih liat bentuknya tapi pernah liat acara di natgeo dan gordon ramsey juga pernah bikin. Duuh kok kayanya enak hahah

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.