Hello TemenAip ! Apa Kabar, di masa PPKM seperti sekarang banyak sekali perubahan dalam hidup, termasuk dalam urusan berlalu-lintas. Masuk Bandung sekarang berlaku ganjil genap lho ! Ribet gak hidupnya ? ya memang jadi berubah, tapi semuanya juga ada alasan untuk kebaikan Bersama. Jadi pastikan Kita pahami dulu soal Ganji Genap Bandung ini sebalum bepergian ke Bandung.

Alasan Ganjil Genap Masuk Kota Bandung

Adapun alasan kenapa diterapkan Ganjil Genap karena masih dalam upaya pengurangan penyebaran Covid-19. Karena Kota Bandung paling ramai menjadi destinasi wisata terutama di akhir pekan. Apalagi saat tingkat positif Covid-19  menurun seperti saat ini di Bulan September 2021, orang-orang cenderung mulai bepergian. Dan Bandung merupakan destinasi wisata yang paling dekat dari Jakarta, mudah dijangkau dalam waktu singkat.

Ganjil Genap Apa Sih ?

Sistem Ganjil Ganap adalah system pembatasan kendaraan yang boleh masuk siatu daerah. Jadi kalau nomor plat akhirnya ganjil, maka boleh lewat di hari  ganjil. Misalnya pat nomer B 23 KT maka boleh lewat di tanggal 1,3,5,7 dan seterusnya. Berlaku pula dengan nomor genap. Selang-seling, jadi tersaring sesuai nomor dan hari berlakunya. Untuk angka 0 dianggap genap ya.

Lokasi Ganjil Genap Kota Bandung

Nah daerah mana saja yang terkena aturan ini. Ada 6 lokasi ganjil genap yaitu di gerbang tol dan akses ke tempat wisata Lembang yaitu Terminal Ledeng Bandung. Gerbang Tolnya mana aja ?

Gerbang Tol Buah Batu, Gerbang Tol Kopo, Gerbang Tol Mohammad Toha, Gerbang Tol Pasir Koja, dan Gerbang Tol Pasteur. Jadi memang titik-titik masuk Kota Bandung semua kena

Sanksi Aturan Ganjil Genap

Nah kalau misalnya Kita melanggar ganjil genap bagaimana ? Tidak ada sanksi administrative sih, cuman disuruh putar balik aja gak boleh lewat. Kebayang ribetnya kan. Jauh-jauh dari Jakarta ditolak masuk Gerbang Tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Moch Toha, dan Buah Batu. Masa mau keluar di Gerbang Tol Cileunyi atau balik lagi ke Jakarta.

Kapan diberlakukan ?

Peraturan ini diberlakukan mulai awal September sampai dengan waktu yang ditentukan oleh pemerintah. Pastinya bakal ada pengumuman lagi kalau ada perubahan peraturan. Tapi sampai saat ini, 29 September 2021 sih masih berlaku.

Peraturan ganjil genap di kota Bandung berlaku selama tiga hari mulai Jumat , Sabtu dan hingga Minggu jam 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Jadi kalau hari biasa tidak berlaku ya TemenAip. Hanya akhir pekan saja setiap minggunya.


Siapa Saja yang Kena aturan ini ?

Untuk Peraturan ganjil genap ini berlaku untuk kendaraan plat luar D yang akan masuk ke 5 Gerbang Tol di Kota Bandung. Mobil plat D sih masih bisa. Tapi kalau mobil TemenAip B, N, L, DK, KT kena deh peraturan ini.

Sementara itu Ganjil Genap di kawasan Ledeng berlaku buat semua plat kendaraan, buat roda empat maupun roda dua.  Jadi motor juga  kena. Semua diperiksa.

Kendaran Yang Tidak Kena Peraturan

Ada beberapa kendaran yang boleh lewat dan tidak terkena peraturan ini, yaitu :  

  1. Kendaraan pengangkut barang
  2.  Kendaraan umum
  3. Kendaraan pemadam kebakaran
  4. Kendaraan ambulans
  5. Kendaraan operasional jasa marga
  6. Kendaraan dengan TNKB/plat nomor huruf awal D
  7. Kendaraan penanganan Covid

Pengalaman Pribadi

Nah kebetulan mobil yang Saya kendarai plat nomornya B walau KTP Bandung. Pas keluar Gerbang Tol Mochamad Toha ada pembagian jalur. Waktu hari genap aman diperbolehkan lewat. Sementara mobil dengan plat nomor ganjil disuruh puter balik sama polisinya.

Pengalaman berikutnya di Hari Ganjil perlu keluar kota. Sempet bingung boleh gak masuk jalan tol. Ternyata untuk masuk saja boleh dengan tujuan keluar Bandung. Tapi kalau mau keluar di 4 gerbang tol lain di Kota Bandung ya nggak bisa. Paling ke arah Cileunyi atau Jakarta.

Untuk Ganjil Genap di Lembang, Saya sempat mengalami di awal September. Cuman waktu itu penyekatan ganjil genapnya ada di persimpangan masuk ke Kota Lembang. Yang plat nomornya tidak sesuai dengan harinya disuruh putar balik tidak boleh masuk ke Lembang.

Yang menarik adalah adalah tol Soroja , yang menghubungkan Soreang dan Pasir Koja. Pas lewat situ aturan ini tidak berlaku, tapi memang plang dan alat-alat pemisahan jalannya tersedia. cuman saya kurang membaca pengumumannya. Jadi sepertinya bisa saja diberlakukan juga disini. Tapi secara umum hanya berlaku di Gerbang Tol di Kota Bandung saja.

Kebayang kan kalau mau jalan-jalan ke Bandung harus diperhatikan dulu soal aturan Ganjil Genap Bandung ini. Jangan sampai nanti ribet kalau mau kesini. Dan jangan marah-marah, karena alasan pemberlakuannya buat kepentingan Kita bersama juga.

Stay safe and healthy ya TemenAip

10 comments

  1. Ganjil genap sekarang mulai meluas, ya. Kudu cermat dan cepetan dapat infonya daerah mana aja yang udah berlaku ganjil genap. Dan, kalau ada pengumuman, wajib baca secar seksama, jangan sampai kita repot sendiri disuruh puter balik.

  2. Sebagai orang awam yang ga bisa nyetir saya sering bingung maksud ganjil genap itu gimana. Saya kiraa kalau mau lewat orang di dalamnya harus ganjil/genap hehehe. Makasih shareingnya kak

  3. Kalau Madiun udah memberlakukan ini berarti tandanyabMadiun udah jadi kota besar… Wkwkkwwk ganjil genap ini emang alternatif bgt ya buat kota besar yg makin padat kendaraan. Di Surabaya kayak ya sempat udah sih pas A Yani belum selebar skr…

  4. Bandung keren.
    Ikhtiar dengan banyak cara buat nekan penyebaran corona.
    Mudah-mudahan pandemi bisa segera jadi endemi. Aamiin

    Etapi, jangan-jangan ntar keterusan tu aturan ganjil genapnya.

  5. sebagai urang Cimahi kayaknya ga seribet yang dibayangkan kak,,waktu itu sempet takut juga atur kendaraa kantor buat ganjil genap eh ternyata berlaku diular plat D, herannya temenku plat B dari Bogor ke Bandung lolos terus loh mau ke Lembang atau ke kota ga sampe suruh puter balik,.makanya ini aturannya kek mana juga ga jelas wkwk

  6. Sampai sekarang aku ga begitu memperhatikan atau aware sama aturan ini. Even di jakarta sekalipun. Soalnya ya nganu, aku kemana-mana masih pake motor jadi ga kena pengaruh sama sekali ehehehe.

    Cuma kadang kepikiran aja sih, kalo aturan ganjil genap ini semakin meluas penerapannya, kasian ke abang driver grab dan gocar yang bakal kesulitan dan ngalami pengurangan pendapatan.

  7. Waw sampai kapan kah ini peraturan? Udah beberapa bulan nggak ke Bandung dan nggak update juga soal aturan ini. Bulan depan mungkin mau ke Bandung nih.

    Terakhir ke sana, tiap keluar tol ditanyain KTP. Wkwk. Padahal cuma dari tol Kopo ke tol Soreang, ditanyain polisi KTP, mau ke mana dan ngapain..

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.